Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Sedikit Turis Indonesia Liburan ke Vietnam?

Kompas.com - 06/12/2016, 18:22 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai negeri empat musim di Asia Tenggara, Vietnam menyuguhkan segudang destinasi dari alam hingga budaya. Namun mengapa masih sedikit turis Indonesia yang liburan ke negara tersebut?

Vice Chairman Vietnam National Administration of Tourism Ministry of Culture, Sports and Tourism, Dr Ha Van Sieu mengatakan bahwa setidaknya ada dua penyebab minimnya turis Indonesia yang liburan ke Vietnam.

"Pertama adalah penerbangan langsung. Kedua adalah makanan halal," tuturnya kepada KompasTravel di sela-sela acara Vietnam Tourism Roadshow, Redtop Hotel, Jakarta Barat, Senin (5/12/2016).

(BACA: Ini 3 Destinasi Paling Populer di Vietnam)

Sampai saat ini, penerbangan langsung dari Indonesia ke Vietnam hanya dioperasikan oleh Vietnam Airlines. Rute tepatnya adalah Jakarta-Ho Chi Minh City (HCMC) dengan keberangkatan satu kali per hari.

BARRY KUSUMA Halong Bay di Teluk Tonkin, Provinsi Quang Ninh, Vietnam.
"Rute tersebut berangkat dari Jakarta pukul 13.45 WIB dan tiba di HCMC pukul 16.50 waktu setempat. Sebaliknya, dari HCMC berangkat pukul 10.00 waktu setempat dan tiba di Jakarta pukul 13.00 WIB," tutur Febrian Hasudungan, Sales Support PT Deks Aviation Internusa yang menaungi Vietnam Airlines kepada KompasTravel pada kesempatan yang sama.

Beberapa maskapai lainnya melayani penerbangan transit. Sebut saja Malindo Air, Singapore Airlines, Thai Airways, Malaysia Airlines, Silkair, juga Tigerair.

"Ke depannya kami berharap bisa menambah penerbangan langsung. Mungkin Jakarta-Hanoi atau Denpasar-HCMC," tambah Febrian.

Kendala kedua yaitu gerai restoran halal. Soal ini, bisa dibilang Vietnam masih tertinggal dari negara-negara lainnya yang mulai menerapkan Muslim friendly. Jepang, Korea Selatan, dan Thailand adalah tiga negara yang mulai memperbanyak fasilitas untuk turis Muslim.

"Di kota-kota besar seperti HCMC dan Hanoi memang terdapat beberapa gerai restoran halal. Namun tidak terkenal, dan kami belum membuat panduannya," papar Ha Van Sieu.

KOMPAS.COM/FABIAN JANUARIUS KUWADO Lanskap pusat kota Ho Chi Minh pada malam hari. Di tengah taman, terdapat patung Ho Chi Minh yang dikelilingi bangunan mewah bertingkat. Ho Chi Minh adalah tokoh pemimpin gerakan Komunis sekaligus mantan Presiden Vietnam.
Sambil terus mempromosikan beragam destinasi wisata, Vietnam terus berbenah agar ramah bagi turis Indonesia.

Ha Van Sieu menyebutkan, saat ini sekitar 70.000 turis Indonesia datang ke Vietnam tiap tahun. Angka tersebut mengalami peningkatan sebesar 10 persen dari tahun lalu.

"Ke depannya target kami sekitar 100.000 turis Indonesia dengan kenaikan 10-15 persen," tambah dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com