Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kusatsu Onsen, Permandian Air Panas Terkenal di Jepang

Kompas.com - 14/12/2016, 20:04 WIB
I Made Asdhiana

Penulis

MENDENGAR nama Kusatsu Onsen, terbayanglah akan orang-orang yang berkumpul dan berendam air panas di Jepang. Di negara Jepang, berendam dengan air panas sudah merupakan tradisi sejak lama.

Tradisi berendam dalam satu kolam merupakan hal lumrah di negeri sakura ini.

Wilayah Jepang dengan keberadaan gunung apinya menjadikan sumber air panas banyak ditemukan di negara ini.

Ada sekitar 3.000 sumber air panas di Jepang. Kalau Indonesia, kita memiliki Ciater, maka di Jepang sumber air panas ini dijadikan obyek wisata dan jadi incaran turis.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Destinasi wisata Kusatsu Onsen di Prefektur Gunma, Jepang, Kamis (1/12/2016). Kusatsu Onsen merupakan destinasi wisata air panas terkenal di Jepang.
Seperti Kusatsu Onsen di Prefektur Gunma ini. Namanya sudah tersebar ke mancanegara sebagai permandian air panas terkenal di Jepang.

(BACA: Tips Naik Kereta Api di Jepang)

Kamis (1/12/2016), KompasTravel dan empat travel agent: Dwidaya Tour, Panorama Tour, Golden Rama Tour, dan SMI Indonesia diundang Tokyo Rail Days dalam program famtrip ke Jepang untuk memperkenalkan paket wisata 'Kanto Buffet'.

Kamis pagi, usai check out dari Hotel Metropolitan Marunouchi Tokyo, hanya berjalan 3 menit rombongan sudah memasuki Stasiun KA Tokyo.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Stasiun Naganohara Kusatsuguchi, Kamis (1/12/2016). Dari sini wisatawan menggunakan bus menuju Kusatsu Onsen di Prefektur Gunma, Jepang. Kusatsu Onsen merupakan destinasi wisata air panas terkenal di Jepang.
Di stasiun telah menanti Miki Kojima selaku JR East Japan Bound Tour Marketing Group dan Asami Aonuma selaku leader JR EAST Japan Bound Tour Marketing Group dari JR East View Travel Service Co Ltd.

"Sebelum melanjutkan perjalanan, silakan memesan makanan terlebih dahulu. Nanti bisa disantap di dalam kereta," kata Antonius Prima Setyawan, selaku Tour Coordinator Wendy Tour, yang menemani rombongan selama famtrip di Jepang.

Pilihan makanan bervariasi. Anda tinggal pilih sesuai selera. Harga eki bento atau nasi kotak ini bervariasi, mulai 600 yen (Rp 69.000) sampai 1.200 yen (Rp 138.000).

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Wisatawan menggunakan bus menuju Kusatsu Onsen di Prefektur Gunma, Jepang, Kamis (1/12/2016). Kusatsu Onsen merupakan destinasi wisata air panas terkenal di Jepang.
Rombongan menggunakan kereta yang berangkat pukul 09.15 menuju Stasiun Ueno. Pagi itu kereta tidak begitu ramai atau mungkin para pekerja kantoran sudah sampai di tempat kerja masing-masing.

Pukul 09.25 rombongan famtrip tiba di Stasiun Ueno. Kami berganti kereta menuju Stasiun Naganohara Kusatsuguchi. Pukul 10.00 kereta meninggalkan Stasiun Ueno.

"Lama perjalanan sekitar 2,5 jam," kata Asami.

Selama perjalanan, kereta di Jepang yang rata-rata kelihatan bersih dan terawat ini mulai meninggalkan panorama perkotaan dan memasuki suasana pedesaan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com