Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boneka Salju Raksasa dari "Icing Sugar" di Century Park Hotel Jakarta

Kompas.com - 15/12/2016, 06:05 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kala memasuki lobby Century Park Hotel, Senayan, Jakarta, saya dibuat takjub dengan dekorasi snowman alias boneka salju. Ukuran boneka salju tersebut mencapai 6,5 meter. Tak hanya itu, snowman tersebut juga terbuat dari icing sugar atau adonan penghias kue.

"Untuk membuat snowman ini kami butuh sekitar 10 hari untuk membuat rangkanya saja, yang terbuat dari kayu dan triplek. Untuk menghiasnya, kami butuh empat hari," kata Executive Chef Century Park Hotel, Hernowo saat ditemui di acara Holiday Luncheon, Rabu (14/12/2016).

Hernowo mengatakan untuk membuat snowman raksasa ini butuh 700 kilogram gula bubuk, 1.050 kg putih telur, dua liter bubuk vanila, dan 25 liter cuka. Sekitar 20 orang dari tim chef pastry ditugaskan untuk membuat snowman raksasa tersebut.

"Royal icing sugar dipilih karena bahan itu tahan lama untuk dekorasi, tanpa perlu dijaga, dan tak berubah bentuk. Hanya mungkin akan berubah warna jadi lebih putih kekuningan. Justru jadi seperti snowman asli," kata Hernowo.

Ia menyebutkan snowman dari icing sugar ini dapat bertahan selama tiga bulan. Saat proses pembuatan, banyak tamu hotel yang menyaksikan dan turut membantu.

"Tadinya ada tamu yang tak percaya kalau ini dari icing sugar. Sampai ia mencicipi dan justru membantu membuat," kata Hernowo.

Proses penempelan icing sugar ke rangka kayu, menurut Hernowo, adalah hal yang paling sulit. Satu plastik icing sugar memiliki bobot 2,5 kilogram. Terbayang repotnya menekan plastik hingga menciptakan bentuk cetakan di rangka snowman.

"Terutama saat membuat bagian tangan. Setelah kami timbang butuh 300 kilogram icing sugar. Daripada roboh, kami putuskan untuk melapisinya dengan cokelat," kata Hernowo.

Saat proses pembuatan, ia menyebutkan sekitar 100 kilogram icing sugar jatuh karena kurang menempel.

Tiap bulan Desember, Century Park Hotel rutin membuat dekorasi unik dari bahan makanan. Contohnya tahun 2014, Hernowo membuat rumah igloo dengan dekorasi ala Natal. Bagian dalam igloo tersebut dapat dimasuki pengunjung hotel. Mereka juga bisa berfoto di dalamnya. 

Tahun 2015 giliran kue jahe yang dibuat jadi dekorasi Natal. Tahun ini ada 'The Biggest Icing Sugar Snowman in Town', begitu sebutan Century Park Hotel untuk dekorasi snowman raksasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com