Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putri Kerajaan Thailand Berlibur di Pulau Lembeh

Kompas.com - 19/12/2016, 20:11 WIB

MANADO, KOMPAS - Kunjungan wisatawan asing ke Sulawesi Utara selama 2016 naik kurang lebih 250 persen. Itu juga berkat adanya penerbangan langsung dari Manado ke sejumlah kota di Tiongkok yang dilakukan Citilink, Lion Air, dan Sriwijaya Air sejak Juli lalu.

Begitu pula kunjungan wisatawan Nusantara tahun 2016 pun bakal melebihi 1 juta orang dibandingkan 2015 sekitar 900.000 orang.

”Penerbangan ke Manado dari sejumlah kota setiap hari penuh, bahkan waktu lalu mengalami peak season,” kata Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Utara Happy Korah di Manado, Minggu (18/12/2016).

Sabtu lalu, putri kerajaan Thailand, Sirivannavari Nariratana, juga memilih berlibur di Sulawesi Utara. Dia tiba di Manado bersama 25 anggota rombongan menggunakan pesawat Royal Thai Air terbang langsung dari Bangkok ke Manado.

Sekretaris Sulawesi Utara Tourism Board Dino Gobel mengatakan, setelah mendarat, putri kerajaan Thailand langsung ke Bitung dan akan tinggal selama empat hari di sana. Mereka akan menyelam di sejumlah spot diving di Pulau Lembeh yang eksotik.

”Eksotisme Pulau Lembeh tak kalah dengan Bunaken. Laut di Lembeh tenang meski di beberapa wilayah laut bergelombang,” katanya. Laut Lembeh terlindungi Pulau Lembeh yang berada di depan Pelabuhan Bitung. (ZAL)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 19 Desember 2016, di halaman 21 dengan judul "Kepri Jaring Turis Tiongkok".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com