Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/12/2016, 08:27 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bermimpi melihat panda di kampung halamannya, China? Berkunjunglah ke Chengdu. Selain terkenal sebagai rumah dari 80 persen populasi panda di China, Chengdu juga terkenal sebagai kota gastronomi kedua di Asia, dan kaya akan sejarah.

Berikut adalah panduan berwisata ke Chengdu, China yang KompasTravel himpun dari Chengdu-Jakarta Tourism Exchange di Hotel Redtop, Jakarta, Rabu (28/12/2016):

1. Transportasi

Tahun 2017, tepatnya bulan Januari, Garuda Indonesia membuka penerbangan langsung dari Denpasar, Bali ke Chengdu, Sichuan. Jadi kini wisatawan dapat mengirit waktu berjam-jam, setelah sebelumnya penerbangan dari Indonesia ke Chengdu memerlukan transit di Hongkong. Rencananya penerbangan dari Denpasar-Chengdu akan berlangsung empat kali dalam satu minggu.

2. Akomodasi

Sebagai kota terbesar ke empat di China, jangan khawatir dengan akomodasi. Chengdu memiliki hotel dari bintang lima sampai hostel yang ramah dengan kantong para backpacker. Harga menginap satu malam di hostel dimulai dari Rp 100.000 per malam.

3. Konsumsi

Chengdu punya lebih dari 6.000 jenis hidangan, tak heran kota ini diberi predikat Kota Gastronomi. Tak perlu khawatir soal rasa, sebab cita rasa masakan di Chengdu adalah pedas, jadi terbilang cocok dengan orang Indonesia.

(BACA: Chengdu, Rumah Panda China dengan Banyak Cerita)

Hal yang perlu diperhatikan adalah kehalalan makanan di Chengdu. Bagi wisatawan Muslim, jangan lupa bertanya kandungan makanan yang disajikan. Hidangan khas Chengdu yang terkenal adalah ayam kungpao, tahu nenek, ikan tim, pangsit hongyou, mie dandan.

4. Tempat wisata

Kurang afdol jika tak melihat panda saat berwisata ke Chengdu. Tempat yang tepat untuk melihat beruang hitam putih ini adalah Dujiangyan Panda Park dan Chengdu Panda Base.

Wisata lainnya yang ternama di Chengdu adalah Dujiangyan, sungai irigasi yang dibagun 256 sebelum masehi, taman nasional Jiuzhaiguo, taman batu Xingwen, situs bersejarah Jinsha, Gunung Qingcheng, Wuhou Temple yang terkenal dari Kisah Three Kingdoms, Du Fu Thatched Cottage tempat tinggal pujangga terkenal Dufu, dan Taman Bodhisatva Wenshu.

5. Waktu terbaik

Waktu terbaik untuk mengunjungi Chengdu adalah bulan September dan Oktober saat peralihan musim panas ke musim gugur. Durasi yang direkomendasikan untuk menjelajah Chengdu adalah lima sampai enam hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com