Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Maskapai Penerbangan dengan Pelayanan Terburuk di Dunia

Kompas.com - 31/12/2016, 12:08 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com — Pelayanan adalah salah satu unsur penting bagi maskapai penerbangan. Biasanya, dari pelayanan awak kabin, penumpang bisa menilai apakah pelayanan maskapai mumpuni atau tidak. Hal itu juga yang akhirnya berpengaruh kepada kesetiaan penumpang terhadap maskapai.

Lewat survei World's Best Awards majalah wisata Travel+Leisure, diketahui beberapa maskapai penerbangan yang terbilang gagal merebut hati penumpang.

"Saya bukan orang yang suka mengeluh, tetapi ini pengalaman penerbangan paling buruk yang pernah saya rasakan," kata peserta survei, Beth McKieman.

Ia mengatakan, saat sedang terbang dengan maskapai Royal Air Maroc, ia meminta kertas tisu. Kru kabin hanya meliriknya dan tak menghiraukan.

Ada pula peserta survei yang terbang dengan maskapai penerbangan bujet Forntier.

"Maskapai ini mengalami pernurunan yang parah. Pramugarinya yang dulu pernah begitu baik kini menjadi seperti robot dan tak peduli," kata salah satu peserta survei.

Sementara itu, maskapai penerbangan Volaris dikeluhkan soal pemesanan lewat mobile. "Pemesanan mobile dibuat agar Anda memesan lewat telepon dan dikenakan biaya tambahan," kata penulis survei.

Terakhir, maskapai dengan peringkat pelayanan terburuk, Spirit Airlines, mendapat keluhan dari banyak peserta survei. "Kami tak akan pernah terbang dengan maskapai ini lagi, berapa pun harganya karena akan berakhir dengan putus asa," kata seorang peserta survei.

"Saya tahu awak kabin ada untuk mengutamakan keamanan, tetapi saya tak yakin mereka akan mengutamakan keselamatan penumpang," tulis peserta survei lain.

Banyak peserta survei mengatakan, awak kabin maskapai penerbangan ini kasar dan mustahil berbicara kepada perwakilan costumer service. Bahkan, beberapa peserta survei menyebutkan bahwa mengeluh di Twitter resmi maskapai penerbangan ini dibalas dengan balasan otomatis (bot) yang serupa.

Berikut adalah sembilan maskapai penerbangan dengan pelayanan terburuk versi Travel+Leisure:

1. Spirit Airlines
2. Allegiant
3. Frontier Airlines
4. Easy Jet
5. Royal Air Maroc
6. Volaris
7. Egyptair
8. Air India
9. United Airlines

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com