Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat! Festival Gentala Arasy di Jambi Digelar Akhir Januari

Kompas.com - 02/01/2017, 18:50 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi akan menggelar Festival Gentala Arasy pada 27-28 Januari 2017. Beragam acara mulai dari pemecahan rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (Muri) hingga acara budaya akan diselenggarakan di atas Jembatan Gentala Arasy, Jambi.

Dikutip dari Facebook Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Festival Gentala Arasy akan menampilkan acara pemecahan rekor Muri pembakaran 4.000 jagung. Acara ini akan menjadi pembakaran jagung terbanyak sekaligus terpanjang di atas jembatan pedestrian Gentala Arasy.

"Para pedagang yang bertugas membakar jagung, nantinya akan membagikan jagung ini secara gratis ke setiap pengunjung," tulis di keterangan Facebook Kemenpar.

(BACA: Unik, Jambi Punya Desa Wisata dengan Lima Danau)

Ada pula acara pelepasan 2.000 balon dengan motif batik Jambi juga menjadi agenda yang menarik. Setiap peserta akan mendapatkan balon, kaos, kacamata dan kertas untuk menuliskan harapannya masing-masing mengenai dunia pariwisata Jambi dan balon akan diterbangkan secara serentak.

Selain itu, acara lain yang disiapkan antara lain lomba cipta dan baca puisi dengan tema Gentala Arasy, lomba foto selfie tema Gentala Arasy, lomba fashion show dengan tema batik Jambi, pameran foto tema Gentala Arasy, kompetisi fotografi, dan beragam acara lain.

Dok. Facebook Kementerian Pariwisata Jembatan Gentala Arasy, Jambi
Festival Gentala Arasy 2017 menargetkan 8.000 pengunjung baik dari kalangan masyarakat setempat, wisatawan Nusantara maupun wisatawan mancanegara.

Festival ini diharapkan dapat meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap keragaman seni budaya Jambi serta mewujudkan karya kreatif yang berdaya saing untuk meningkatkan wisatawan ke Provinsi Jambi.

Jambi terdiri dari 11 kabupaten/kota yang memiliki ciri khas seni menarik dan bermakna historis yang tinggi. Penampilan seni 11 kabupaten/kota ini akan dikemas dalam parade dan akan menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk berkunjung ke Jambi.

Jembatan Gentala Arasy merupakan salah satu jembatan terindah di Pulau Sumatera dan yang termegah di Jambi. Jembatan ini dibangun pada 2012 atas filosofi yang kuat dengan mempertimbangkan sisi estetika sehingga kian mempercantik Kota Jambi.

Di ujung jembatan, terdapat Menara Gentala Arasy yang bentuknya menyerupai sebuah bangunan masjid yang dilengkapi dengan menara. Di bawah menara terdapat Museum Sejarah Jambi yang dikelola dengan baik dan di lantai ini pula terdapat mini teater yang memutar video-video tentang Jambi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com