Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Lengkap Menyantap Yu Sheng Saat Rayakan Imlek

Kompas.com - 11/01/2017, 21:05 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Yu sheng atau sayuran campur dengan saus khusus umumnya disantap saat Imlek alias tahun baru China. Dipercaya, tradisi makan yu sheng awalnya dipopulerkan oleh empat orang koki dari Singapura. Berbagai elemen sampai cara menyantap yu sheng adalah lambang doa kepada Tuhan. Untuk menyantap yu sheng juga tak sembarangan, ada tahapan dan mantra doa yang dipanjatkan.

"Pertama sebut 'gong xi fa chai, wan shi ru yi' dulu," kata District Manager Din Tai Fung, Diana Samuel di Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Selasa (10/1/2017). "Kalau di Din Tai Fung, nanti makan yu sheng akan dipandu oleh perwakilan dari kami," kata Diana.

BACA JUGA: Begini Cara yang Tepat Memakan Xiao Long Bao

Setalah ucuapan selamat tahun baru Imlek dan semoga harapan terkabul, maka pramusaji dari Din Tai Fung akan menuangkan jus lemon ke ikan mentah (biasanya salmon) sambil mengucapkan, "ta cia ta lie," yang artinya semoga banyak rezeki.

Langkah ketiga dilanjutkan dengan menabur biji wijen dan remah kacang. Kalimat "u fu ling men", atau yang berarti kebahagiaan telah menghampiri Anda dan keluarga diucapkan pada langkah ini.

Langkah keempat, minyak wijen dan saus plum dituangkan ke atas sayuran sambil mengucapkan "chai yuen kwang gin", mantra doa untuk kekayaan dan rezeki yang berlimpah. Langkah ke lima yang tak kalah seru adalah menaruh daging ikan mentah di atas sayuran sambil mengucap "nien nien you yi" yang berarti sepanjang tahun semoga berkelimpahan.

Dua tahap terakhir adalah menyebar kulit pangsit garing sambil mengatakan, "phien ti hwang cin,"  atau penuh keemasan dan kemewahan. Terakhir adalah waktu yang paling ditunggu, yakni seluruh anggota keluarga mengaduk yu sheng bersama menggunakan sumpit.

"Ta cia i chi law te fung sen sui chi," begitu doanya, yang berarti selamat diaduk untuk kemakmuran dan kesuksesan di tahun baru.

Yu sheng diaduk dengan cara diangkat dengan sumpit. Semakin tinggi semakin baik, perlambang harapan dapat terkabul.

BACA JUGA: Sepiring Doa untuk Merayakan Tahun Baru China

Sayuran dalam adonan yu sheng biasanya terdiri dari potongan wortel, lobak, jeruk, kacang, daun jeruk limau, acar jahe merah, lobak, aneka manisan, dan paprika merah. Sedangkan saus Yu Sheng terdiri dari sari buah plum, lada putih, minyak zaitun, wijen panggang, dan kayu manis bubuk.

Jelang Imlek, biasanya restoran dengan hidangan China dan hotel mulai menawarkan yu sheng sebagai menu paket merayakan tahun baru China. Di Din Tai Fung misalnya, sepiring yu sheng yang dapat disantap untuk delapan orang (ukuran medium) dihargai Rp 288.000. Sedangkan ukuran large yang dapat disantap 12 orang dihargai Rp 388.000. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com