Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjarmasin Segera Bangun Dermaga Apung untuk Wisata

Kompas.com - 12/01/2017, 12:39 WIB

BANJARMSIN, KOMPAS.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan akan membuat dermaga apung untuk sarana wisata di depan siring Sungai Martapura di Jalan Piere Tendean, Kecamatan Banjarmasin Tengah.

"Rencananya mau kita bangun dermaga apung itu di depan menara pandang, sekitar 50 meter sementara ini (untuk) panjangnya," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin, M Ikhsan Alhak di Banjarmasin, Rabu (11/1/2017).

Dermaga apung tersebut akan dibangun tahun ini dengan alokasi biaya sekitar Rp 3 miliar bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) kota.

Ikhsan mengatakan dermaga apung itu akan dibangun cukup kokoh dan mampu menahan getaran ombak dari arus lalu lintas transportasi sungai di sekitarnya.

Dermaga apung juga akan dibangun cukup luas sehingga sebagian bisa menjadi tempat pedagang kaki lima.

"Sebab PKL di wisata siring inikan saat ini belum memiliki tempat representatif, bisa nanti di sana, utamanya kuliner," katanya.

Menurut Ikhsan, saat ini wisata siring Sungai Martapura di Jalan Piere Tendean menjadi andalan pariwisata Kota Banjarmasin.

Bahkan setiap pekannya, jumlah pengunjung ke obyek wisata tersebut mencapai 5.000 orang, terutama di hari Sabtu dan Minggu.

BANJARMASIN POST/YAYU FATHILAL Posisi patung Bekantan di Banjaramasin, Kalimantan Selatan, berada agak jauh dari Menara Pandang dan pasar terapung, namun masih satu kawasan.
"Sebab di sana ada kegiatan pasar terapung yang diadakan pada Sabtu dan Minggu itu, jadi banyak pengunjung," ujarnya.

Di siring itu juga ada wisata obyek Patung Bekantan yang memberikan atraksi sembur air dan merupakan ikon pariwisata Banjarmasin.

Selain itu, ada wisata susur sungai untuk bertamasya memasuki sungai-sungai di kota berjuluk "Kota Seribu Sungai" itu.

"Nah, semua ini akan kita kembangkan terus, kita perbaiki kualitas pelayanan pariwisata kita, hingga wisatawan akan selalu rindu ke Banjarmasin," kata Ikhsan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com