Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merayu Lebih Banyak Lagi Turis Perancis Melancong ke Indonesia

Kompas.com - 13/01/2017, 10:06 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Jumlah turis asal Perancis yang melancong ke Indonesia menduduki peringkat kedua setelah Inggris. Hal itu disampaikan oleh Kepala Kantor Pariwisata Nasional Indonesia di Paris (VITO), Eka Moncarre kepada Antara London, Jumat (13/1/2017).

Menurut Eka, Perancis berambisi untuk bisa menjadi negara nomor satu di Eropa yang mengirimkan wisatawannya ke Indonesia. Hal itu setelah mengalami peningkatan keberangkatan turis dari Perancis ke Indonesia pada bulan Januari-Oktober 2016 yakni sekitar 22,20 persen.

"Sementara pada bulan Juli-Agustus tahun lalu Perancis sempat mengalahkan Inggris dengan mengirimkan wisatawan tertinggi dari Eropa ke Indonesia," ujar Eka Moncarre.

(BACA: Usai ke Raja Ampat, Ini Penuturan Perempuan Perancis...)

Ia menjelaskan, Kantor VITO Perancis bekerja sama dengan FTI Voyages, salah satu Tour Operator Perancis menggelar promosi besar-besaran yang dilakukan selama dua hari di Mulhouse, di daerah Alsace Perancis Timur.

ARSIP AUDREY ROIT Audrey Roit (kedua dari kiri) di Waisai, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.
"Ini merupakan promosi pertama kali yang diadakan di daerah Alsace (perbatasan Perancis dengan Swiss) dan merupakan daerah di Perancis yang mempunyai pendapatan tertinggi yang penduduknya gemar traveling," ujarnya.

Acara promosi pariwisata dilakukan selama dua hari diikuti sekitar 200 pengusaha industri pariwisata.

(BACA: Wonderful Indonesia Peroleh Penghargaan Pays dHonneur di Perancis)

Mereka diundang ke bioskop Kineapolis di Mulhouse untuk mengikuti acara presentasi Indonesia yang dilakukan VITO Perancis dan diakhiri pemutaran film Indonesia serta ditutup dengan hidangan cocktail.

Selain itu VITO Perancis memberikan training destinasi kepada 50 staf FTI Voyages di kantor pusat di Bale.

(BACA: Media Perancis Diundang ke Raja Ampat)

Berikutnya digelar gala dinner di kastil di daerah Alsace dengan mengundang 100 travel agent (B2B) mengikuti presentasi Indonesia yang dibawakan VITO dan pemutaran film Indonesia diakhiri makan malam bersama.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Wisatawan di Pianemo, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Kamis (5/5/2016).
Dengan membuat acara ini FTI Voyages berambisi meningkatkan target kujungan turis Perancis ke Indonesia sekitar 1.000 orang pada 2017.

Acara promosi Indonesia dilaksanakan atas bantuan Kementerian Pariwisata yang memberikan dukungan marketing ke wholesaler Perancis untuk mempromosikan Indonesia, terutama mendatangkan lebih banyak wisatawan Perancis ke Indonesia guna memenuhi target 15 juta turis pada 2017.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com