Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nyam... Lezatnya Serabi Durian Bercampur Es Krim Vanila

Kompas.com - 15/01/2017, 09:10 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com – Serabi adalah kue tradisional yang berbentuk bundar, dan biasanya dinikmati dengan aneka topping. Mulai dari topping santan manis yang klasik, sampai Nutella dan es krim.

Serabi Goen-Goen di bilangan Cinere, Kota Depok, Jawa Barat adalah salah satu gerai yang menyuguhkan serabi beraneka topping. Salah satu hidangan favorit di sini adalah serabi durian dengan tambahan es krim vanila.

BACA JUGA: Pancake Durian Jia, Meleleh Seketika di Mulut...

Anda bisa memilih adonan serabi, rasa polos atau pandan. Jika memilih pandan, tentunya serabi akan berwarna kehijauan. Serabi durian disajikan bersama fla durian dan es krim vanila.

Pengelola Serabi Goen-Goen, Muchliso (40) mengatakan fla durian yang melumuri serabi tersebut berasal dari daging durian dan susu kental manis yang diblender. Fla tersebut, menurutnya, menggunakan jenis durian Medan.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Serabi durian dengan lelehan es krim vanilla di Serabi Goen-Goen, Depok, Jawa Barat.
“Menu serabi durian tetap bertahan sampai sekarang. Itu termasuk serabi yang paling sering dipesan. Selain serabi durian, ada keju, klasik, cokelat, dan pisang yang paling sering dipesan. Yang paling banyak durian dan coklat,” kata Muchliso saat ditemui KompasTravel di gerai Serabi Goen-Goen, Depok, Jawa Barat, Jumat (13/1/2017).

KompasTravel sempat mencicipi sajian serabi durian dengan tambahan es krim di Serabi Goen-Goen. Fla durian yang melumuri bagian atas serabi cukup terasa di lidah, dengan aroma yang lembut.

Es krim rasa vanila dan fla durian bercampur dengan hangatnya serabi yang baru dimasak. Ada sensasi manis yang tertinggal di lidah ketika lelehan es krim dan fla durian meresap ke bagian dalam serabi.

BACA JUGA: Menyesap Harumnya Peluang Bisnis Martabak Durian

Serabi dimasak sekitar tiga menit. Tingkat kekenyalan serabi yang disajikan juga tak menyulitkan untuk dipotong dengan pisau maupun garpu.

Menurut Muchliso, untuk menemani serabi durian tersedia beberapa pilihan rasa es krim selain vanila, antara lain cokelat dan stroberi. Ia menuturkan pengunjung tinggal meminta pilihan rasa itu kepada pelayan.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Penjual Serabi Goen-Goen menuangkan adonan ke loyang yang terbuat dari tanah.
“Yang bikin beda di Serabi Goen-Goen ada varian rasanya banyak. Kita ada asin, manis, fla, susu. Bisa kombinasi jadi orang tidak bosan. Pilihannya banyak,” tambahnya.

Satu buah serabi dengan fla durian dihargai Rp 15.000. Sementara tambahan topping es krim, pembeli perlu menambah biaya sebesar Rp 6.000.

Sejak 2012

Muchliso mengatakan sajian serabi durian di Serabi Goen-Goen mulai ditawarkan kepada pembeli sejak tahun 2012.

Halaman:



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com