Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Etiket Memberi Tip untuk Staf "Housekeeping" Hotel

Kompas.com - 18/01/2017, 17:03 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memberi tip untuk petugas housekeeping saat menginap di hotel merupakan hal yang lumrah. Namun terkadang, sulit bagi tamu untuk memberikan langsung uang tip kepada petugas housekeeping karena waktu yang bentrok.

"Memang jarang tamu di kamar. Ketika petugas housekeeping ada, tamu biasanya sudah keluar kamar, biasanya kerja," kata Executive Housekeeper Hotel Santika Premiere Bintaro, Faroek Fuady saat diwawancara KompasTravel, Rabu (18/1/2017).

Apabila tamu tak pernah bertatap muka dengan petugas housekeeping, lanjut Faroek, Anda bisa meletakkan uang tip di beberapa tempat di kamar hotel.

"Uang tip bisa ditaruh di atas bantal, di bawah bantal, dan di bawah telepon," kata Faroek.

BACA JUGA: Memajang Lukisan di Atas Ranjang Hotel

Menurutnya ada beberapa tamu yang lebih detail dengan menyertakan catatan pendek atau memo untuk petugas housekeeping. Memo tersebut bertuliskan bahwa uang tersebut memang boleh diambil.

"Di luar tempat-tempat itu, contohnya di atas meja, petugas housekeeping diingatkan untuk tak boleh mengambil uang tersebut," kata Faroek.

Meski jarang, Faroek juga mengatakan ada tamu yang menitipkan uang tip kepada resepsionis. Biasanya tamu yang melakukan hal tersebut adalah tamu yang menginap dengan durasi cukup panjang.

BACA JUGA: Seperti Apa Hotel Idaman Turis Indonesia di Luar Negeri?

"Uang tipnya biasa dibagi untuk housekeeping yang memang shift (waktu kerja)-nya membersihkan kamar tersebut, atau bisa juga untuk makan-makan bersama dengan staf housekeeping lainnya. Biasanya kalau begitu mereka senang sekali untuk acara kebersamaan," kata Faroek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com