Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Singapura Resmi Buka ASEAN Tourism Forum 2017

Kompas.com - 18/01/2017, 20:05 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong secara resmi membuka acara Asean Tourism Forum (ATF) 2017. "Saya mengucapkan selamat datang di acara Asean Tourism Forum 2017. Ini kali pertama Singapura menjadi tuan rumah acara ini bertepatan dengan perayaan ASEAN yang ke-50," kata Lee Hsien Loong saat Asean Tourism Forum Opening Gala di Shangrila Hotel, Singapura, Rabu (18/1/2016).

Ia mengatakan tema yang diangkat dalam ATF 2017 adalah Shapping Our Tourism Journey. "Tema ini menunjukkan komitmen kita (negara-negara ASEAN) bekerja sama untuk menyelesaikan tantangan dan menciptakan kesempatan baru," jelasnya.

(Baca juga: Apa Pentingnya ASEAN Tourism Forum bagi Pariwisata Indonesia?)

Adapun acara pembukaan ATF 2017 dihadiri oleh menteri pariwisata dari negara-negara ASEAN. Menteri Pariwisata RI Arief Yahya juga turut hadir dalam pembukaan ATF 2017. Indonesia akan mengikuti ajang Travel Exchange ASEAN Tourism Forum (Travex ATF) 2017 di Singapura pada tanggal 18 – 20 Januari 2017 di Marina Bay Sands, Singapura.

ATF merupakan usaha regional untuk mempromosikan kawasan ASEAN sebagai satu destinasi wisata. Ajang tahunan ini melibatkan semua sektor industri pariwisata dari 10 negara anggota ASEAN yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam ditambah negara-negara lainnya di Asia yakni China, Jepang, India, dan Korea Selatan.

Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) dibentuk pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand, oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Kini anggota ASEAN termasuk pula Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Myanmar, dan Vietnam.

Tahun ini, ASEAN merayakan ulang tahunnya yang ke-50. Untuk merayakannya, kementerian pariwisata dari 10 negara anggota ASEAN sepakat mengembangkan program pariwisata gabungan di bawah kampanye bertemakan "Visit ASEAN@50 : Golden Celebration". Kampanye ini dimaksudkan sebagai perayaan 50 tahun ASEAN dan juga memandang ASEAN sebagai destinasi tunggal. Acara pre-launching kampanye tersebut dilakukan oleh para menteri pariwisata dari negara anggota ASEAN tahun lalu di ITB Berlin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com