Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sate Taichan, Apakah Itu?

Kompas.com - 24/01/2017, 12:06 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2016 sate taichan sempat meraih popularitas tinggi. Peminat sate taichan masih terus meningkat hingga saat ini. Hal itu terbukti dari banyaknya kedai atau pedagang kaki lima yang menjual sate taichan.

Sate taichan sendiri adalah sate ayam yang dibakar tanpa kecap dan bumbu kacang. Hidangan ini berawal dari pedagang kaki lima di daerah Senayan, Jakarta dan kini menyebar sampai seluruh Indonesia.

Amir adalah pedagang sate taichan di daerah Senayan, Jakarta yang mengklaim sebagai pelopor dari hidangan sate taichan. Menurut pengakuan Amir, resep sate taichan ditemukan oleh pembeli satenya yang berasal dari Jepang.

"Pertamanya ada pasangan yang laki-laki orang Jepang yang perempuan orang kita (Indonesia). Masih ingat saya nama perempuannya, Inet. Laki-lakinya itu mau bikin sate sendiri. Dia kasih garam ke dagingnya sama jeruk (nipis) dan sambal. Terus saya tanya 'Ini sate apa namanya?' kata orangnya 'taichan!'," cerita Amir pada KompasTravel, Rabu (4/1/2017). 

Silvita Agmasari Sate Taichan

Tren ini membuat bisnis berjualan sate taichan juga kian menggiurkan. Seperti Sate Taichan Kemang yang dirintis oleh Lerry Mario pada tahun 2015, kini memiliki 12 kedai franchise.

"Kalau untuk franchise harga paketnya itu Rp 20-25 juta. Di Sate Taichan Kemang yang ini (berlokasi di Kemang) saya bisa jual 1.500 sampai 2.000 tusuk per hari. Dengan untung bersih Rp 3 juta sehari," kata Rio, panggilan akrabnya pada KompasTravel

Sate taichan kini dapat dengan mudah ditemui di beberapa lokasi khususnya di Jakarta. Uniknya sate taichan selalu dijual pada malam hari menjelang subuh. Salah satu sentra sate taichan adalah di Senayan, tepatnya di di depan pintu gerbang Stadion Gelora Bung Karno, Jalan Plaza Barat. Ada lebih dari sepuluh penjual sate taichan di lokasi tersebut. 

Untuk mengetahui seluk beluk lebih lanjut mengenai sate taichan, mari simak video berikut dari KompasTravel dalam tayangan 'Mamam Yuk'.

Kompas Video Mamam Yuk!: Mencari Asal Usul Sate Taichan

  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com