Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikunjungi Valentino Rossi, Ini 5 Obyek Wisata Menarik di Labuan Bajo

Kompas.com - 25/01/2017, 05:21 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Netizen di Indonesia dihebohkan oleh pebalap Moto GP asal Italia, Valentino Rossi lantaran mengunjungi destinasi wisata Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Sejumlah foto seperti ia baru turun di Bandara Internasional Komodo dan sebuah bukit dengan latar pemandangan laut dengan cepat menyebar.

Lalu, ada tempat wisata apa di Labuan Bajo? Labuan Bajo memiliki segudang tempat wisata yang bisa dikunjungi seperti pantai, bukit, bahkan laut yang bisa diselami.

Berikut KompasTravel himpun lima obyek wisata yang bisa dikunjungi di Labuan Bajo.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Wisatawan mancanegara asal India memotret satwa endemik komodo (Varanus Komodoensis) di Pulau Komodo, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Kamis (19/11/2015).
1. Loh Liang

Di Pulau Komodo tepatnya di Loh Liang, Anda bisa melihat hewan komodo (Varanus komodoensis). Anda akan diajak oleh pemandu wisata untuk berkeliling pulau.

Di sepanjang pantai dekat dermaga, Anda bisa bersantai di atas pasir sambil memandang laut. Anda juga bisa mendaki bukit-bukit di Pulau Komodo bersama pemandu wisata.

BARRY KUSUMA Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.
2. Pantai Pink

Di sisi lain Pulau Komodo, ada Pantai Pink. Pantai ini terbilang unik lantaran pasir pantai yang berwarna kemerahan.

Warna tersebut berasal dari karang berwarna merah yang banyak bertebaran di sekitar kawasan pantai.

Butiran-butiran karang di laut kemudian terhempas dibawa arus hingga ke bibir pantai dan pasir pantainya berwarna merah muda bercampur dengan pasir berwarna krem.

KOMPAS/YOVITA ARIKA Wisatawan berfoto di puncak bukit di Pulau Padar dengan latar belakang teluk-teluk yang ada di pulau yang berada di kawasan Taman Nasional Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, tersebut, 31 Agustus 2015.
3. Pulau Padar

Satu pulau lain di Labuan Bajo yang bisa dikunjungi adalah Pulau Padar. Pulau Padar sendiri masih termasuk ke dalam Taman Nasional Komodo.

Di Pulau Padar, Anda bisa mendaki bukit-bukit. Begitu tiba di puncak bukit Pulau Padar, Anda akan disuguhkan pemandangan laut, pasir pantai, dan perbukitan secara 360 derajat yang menakjubkan.

KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Pepohonan di dalam area Goa Batu Cermin, Desa Batu Cermin, Kecamatan Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu (18/11/2015). Obyek wisata Goa Batu Cermin memiliki luas 19 hektar dengan tinggi goa sekitar 75 meter.
4. Goa Batu Cermin

Goa Batu Cermin berada sekitar 4 kilometer dari Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat. Di Goa Batu Cermin, Anda bisa menyusuri "perut goa" dan sejenak merasakan kegelapan.

Untuk menuju goa, dari tempat parkir kendaraan, Anda harus berjalan kaki sekitar 300 meter menyusuri jalan setapak yang sudah diberi korn blok. Selama perjalanan, kadang-kadang Anda akan melewati pepohonan bambu.

5. Gili Laba

Gili Laba juga punya satu keindahan yang menarik dan menantang untuk dicoba. Anda bisa mendaki bukit seperti di Pulau Padar dan melihat pemandangan laut dengan gradasi biru serta pulau-pulau yang memanjang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com