Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Etiket Sebelum Merebahkan Bangku Pesawat Anda

Kompas.com - 26/01/2017, 23:01 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com - Bangku pesawat yang sempit pasti "menyiksa" Anda sebagai penumpang. Beruntung, bangku pesawat punya fitur reclining sehingga Anda bisa merebahkannya barang sedikit.

Posisi tubuh usai merebahkan bangku pesawat pastilah lebih nyaman. Namun, tindakan Anda barusan bisa saja mengganggu penumpang di bangku belakang Anda.

Situs Smarter Travel pada Kamis (26/1/2017) menghimpun etiket sebelum merebahkan bangku pesawat Anda. Sedikitnya ada 5 hal yang bisa dilakukan agar tidak mengganggu penumpang di belakang Anda.

1. Lihat dulu ke belakang

Sebelum merebahkan bangku, langkah pertama yang wajib dilakukan adalah melihat ke belakang. Siapa tahu penumpang di belakang Anda sedang menunduk, atau bahkan menyandarkan kepala ke bangku Anda.

2. Jangan merebahkan bangku saat penumpang makan

Saat makan, penumpang butuh ruang di bagian depan mereka untuk membuka meja lipat dan menikmati makanan. Oleh karena itu, saat pramugari membagikan makanan, ada baiknya Anda menegakkan kembali bangku pesawat.

Saat makan sudah selesai, tengoklah penumpang belakang Anda, apakah ia sudah selesai menyantap makanan. Jika sudah, Anda boleh merebahkan kembali bangku Anda.

3. Rebahkan sedikit saja

Meski bangku didesain untuk bisa direbahkan secara maksimal, jangan lupa, ruang antar bangku pesawat sangat minim. Oleh karena itu rebahkan bangku Anda sedikit saja, seperlunya, dan jangan berlebihan.

4. Rebahkan pelan-pelan

Bisa saja penumpang yang duduk di belakang Anda sedang menyantap makanan, atau menyeruput minuman panas.

Bayangkan jika Anda merebahkan bangku pesawat dengan cepat. Besar kemungkinan minuman panas itu akan tumpah ke pangkuan penumpang di belakang Anda.

5. Minta izin

Sopan santun sangat diperlukan termasuk dalam perjalanan udara. Alangkah baiknya jika Anda menengok ke belakang, kemudian meminta izin untuk merebahkan bangku pesawat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com