Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Imlek, Hotel di Bintan Penuh

Kompas.com - 29/01/2017, 08:03 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

BINTAN, KOMPAS.com - Hari libur Imlek 2017 membuat tingkat hunian kamar hotel di Kabupaten Bintan meningkat. Hotel-hotel di Bintan terpantau penuh pada Tahun Baru China kali ini.

"Liburan Imlek, semua hotel di Bintan fully booked. Banyak wisatawan yang tidak dapat penginapan," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan, Luki Z Prawira saat ditemui di sela-sela acara lomba perahu jong "Utara Race" di Pantai Trikora, Desa Teluk Bakau, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, Sabtu (28/1/2017).

BACA JUGA: Seperti Siput, Ini Kuliner Laut dari Kepulauan Riau

Ia mengatakan 80 persen kamar hotel di Bintan diisi oleh wisaawan mancanegara terutama Singapura. Sisanya diisi oleh wisatawan dari China dan wisatawan nusantara.  

"Weekend Chinese New Year di Singapura itu Senin libur. Kalau Singapura karena kedekatan ya. Mereka cukup naik kapal ke Lagoi 45 menit dan dua jam ke Tanjung Pinang," jelas Luki.

Luki mengatakan khusus liburan Imlek 2017 Bintan dikunjungi sekitar 5.000 orang. Ia menyebut jumlah kamar di Kabupaten Bintan sendiri berjumlah 2.500 kamar.

Banquet Manager Grand Lagoi Village Bintan, Khairuddin mengatakan tingkat hunian di Grand Lagoi Village telah penuh hingga tanggal 2 Februari. Ia mengatakan tamu di Grand Lagoi Village Bintan berasal dari China, Singapura, Eropa, Medan, dan Jakarta.

"Di Grand Lagoi, grup China bisa 50 persen dan lokal 30 persen. Sisanya Eropa dan Singapura," ujar Khairuddin saat ditemui di Hotel Grand Lagoi Village, Bintan, Sabtu (28/1/2016).

BACA JUGA: Simak! Ini Panduan Berwisata ke Provinsi Riau

Khairuddin menyebut okupansi hotel Grand Lagoi Village telah penuh sejak tanggal 25 Januari 2017. Adapun sebagian tamu di Grand Lagoi Hotel mengambil paket wisata Chinese New Year.

"Isi paketnya ada Chinese New Year Buffet di restoran kami. Kami sediakan yu sheng, teripang, dan Chilli Crab. Ada juga (agenda) melepaskan lampion itu tergantung cuaca," jelasnya.

Bintan adalah salah satu destinasi wisata di Kepulauan Riau. Wisatawan bisa masuk mengunjungi obyek wisata seperti Pantai Trikora.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com