Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Repot "Packing" Peralatan Snorkeling? Ini Tipsnya...

Kompas.com - 29/01/2017, 17:09 WIB

SNORKELING merupakan salah satu kegiatan yang tak boleh Anda lewatkan ketika berwisata bahari. Apalagi Indonesia terkenal dengan lautnya yang menjadi rumah keanekaragaman hayati.

Ada banyak spot snorkeling di berbagai wilayah negara kita yang dijamin bakal membuat Anda terpesona. Tak seperti kegiatan menyelam, snorkeling jauh lebih mudah untuk dilakukan dan biayanya cukup terjangkau.

Jika melakukan snorkeling hanya untuk melengkapi liburan, Anda bisa menyewa peralatan di tempat wisata. Namun jika berencana untuk snorkeling beberapa kali, lebih baik Anda membawa perlengkapan sendiri. Tak perlu khawatir akan susah saat mengemasnya, berikut ini tips mengemas peralatan snorkeling saat traveling.

- Jika masker snorkeling Anda dilengkapi dengan lensa khusus untuk membantu penglihatan, pastikan mengemasnya dalam tas jinjing. Kehilangan perlengkapan tersebut bisa merusak seluruh perjalanan Anda.
- Lindungi masker snorkeling agar tak tergores atau bahkan pecah. Bungkus dalam lapisan pakaian atau letakkan dalam pelindung yang terbuat dari plastik keras. Kemas di bagian tengah tas Anda.
- Letakkan kaki katak (fins) di bagian atas koper. Dengan begitu, kaki katak dapat menjadi perlindungan tambahan untuk barang bawaan Anda.
- Jika Anda traveling dengan membawa tas ransel dengan sisi yang lembut, buatlah bingkai pelindung menggunakan kaki katak atau sepatu. Susun sepatu Anda di setiap ujung tas dengan telapak menghadap keluar.
- Manfaatkan ruang sebaik mungkin dengan mengemas kaus kaki atau benda-benda kecil lainnya dalam masker snorkeling atau lubang kaki di kaki katak.
- Bawalah tas jaring-jaring dengan tali bahu, karena tas jenis ini hampir tak memakan ruang. Tas ini bisa Anda gunakan untuk membawa peralatan snorkeling setelah berada di tempat tujuan, sekaligus bisa menjadi tas belanjaan atau untuk membawa peralatan anak untuk bermain pasir.
- Sebelum berkemas saat hendak pulang, bilas peralatan snorkeling Anda di air tawar dan biarkan sampai benar-benar kering. Hal itu akan mencegah jamur dan bau serta memperpanjang umur peralatan snorkeling.

Bagaimana? Siap bertemu Nemo, Dorry dan teman-temannya di liburan yang akan datang. (National Geographic Indonesia/Lutfi Fauziah/Sumber: Smarter Travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com