Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hotel seperti Apa yang Dibilang "Romantis" oleh Pasangan?

Kompas.com - 09/02/2017, 12:04 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com - Romantis atau tidaknya sebuah hotel rupanya bisa dilihat dari berbagai sisi. Beda negara, beda lagi kriteria hotel yang disebut romantis oleh pasangan wisatawan.

Situs perjalanan Wego.co.id bersama rekan data ulasan tamu, TrustYou mengungkap daftar negara yang memiliki hotel-hotel kategori romantis dengan rating paling tinggi. 

"Sejumlah tempat identik sebagai destinasi romantis karena dikelilingi pemandangan yang cantik. Contohnya Bali, Thailand, atau properti di pinggir pantai Australia yang jauh dari hiruk-pikuk perkotaan. Sedangkan hotel lain yang juga populer adalah hotel-hotel berbintang lima yang pelayanan dan kemewahannya menciptakan pengalaman romantis untuk tamu," tutur Director, Hotels Commercial Wego Anna Truskhina dalam rilis yang diterima KompasTravel, Kamis (9/2/2017).

BACA JUGA: Batu Flower Garden, Wisata Romantis Idola Kaum Remaja

Truskhina menyebutkan, rating bintang empat dan bintang lima sering kali dikorelasikan dengan keromantisan suatu hotel terutama di kawasan Uni Emirat Arab, India, dan Hongkong.

"Tetapi di Singapura dan Malaysia, 25 hotel di peringkat atas adalah campuran beberapa rating sekaligus. Mulai dari bintang tiga sampai lima," tambahnya.

Bagi pihak hotel kategori romantis, Valentine adalah momen tahunan yang sama pentingnya seperti Natal, Tahun Baru, Tahun Baru Imlek, dan libur-libur keagamaan lainnya.

"Biasanya, properti dengan rating keromantisan tinggi menawarkan paket akhir pekan untuk mendatangkan kembali para pasangan, terutama di tempat-tempat yang populer sebagai spot staycation akhir pekan," tambah Truskhina.

TrustYou mengevaluasi tiga juta ulasan, komentar, dan survey tamu setiap minggu. Untuk kategori hotel romantis, TrustYou menganalisis sejumlah besar ulasan yang mengandung parameter "romantis" kemudian mengolahnya menjadi Romantic Score.

Indonesia 

Di Indonesia, 24 dari 25 properti dengan skor romantis tertinggi berlokasi di Bali. Sepuluh properti berada di tengah rimbunnya hutan Ubud, sisanya tersebar di Seminyak, Jimbaran, dan Nusa Dua. Bali secara umum mendapat skor tinggi untuk kategori romantis, yaitu pada kisaran 95-99 persen.

Mandarin Oriental (Jakarta) dengan skor 96 menjadi satu-satunya hotel romantis di Indonesia yang tidak berada di Bali.

Australia 

Di Australia, faktor alam berperan besar dalam menentukan tingkat keromantisan suatu properti. Terdapat tiga properti Australia yang memperoleh skor romantis 100 dan berlokasi di Narooma (NSW), Rainbow Beach (QLD), dan New Norfolk (Tasmania).

Tipe bed and breakfast serta cottage mengalahkan hotel bintang lima pada daftar hotel romantis di Australia dengan skor 97-100. New South Wales mendominasi dengan tujuh hotel, diikuti enam hotel di Queensland, empat di Tasmania dan South Australia, tiga di Victoria, dan satu penginapan bernama The Good Life B&B yang mewakili Western Australia. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com