Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barang Apa Saja yang Boleh Dibawa Pulang dari Kamar Hotel?

Kompas.com - 12/02/2017, 07:05 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada orang yang punya kebiasaan untuk membawa "tanda kenangan" dari hotel tempatnya menginap. Tak salah memang, namun sebelum memutuskan untuk membawa pulang barang dari kamar hotel, ketahui dahulu apa yang boleh dan tak boleh dibawa pulang. Sebab salah bawa, bisa berujung diberi tagihan untuk membayar kehilangan barang hotel tersebut.

"Semua yang disediakan hotel untuk membuat kenyamanan tamu untuk menginap. Tetapi biasanya ada orang yang ingin punya kenangan dari tempatnya menginap," kata Assistant Director of Marketing & Communications Hotel Gran Melia Jakarta, Wike Trisnandhini saat dihubungi KompasTravel, Jumat (10/2/2017).

Dilansir dari situs Sleeping Around, barang-barang yang boleh dibawa pulang dari hotel adalah yang memiliki huruf depan S dimulai dari sabun, sampo, shower gel, shower cap, sewing kit (peralatan menjahit), stationery (alat tulis), shoe shine kits (semir sepatu), dan slippers (sandal hotel).

Teh dan kopi yang disediakan oleh pihak hotel menurut Wike juga boleh dibawa pulang oleh para tamu. Ada juga hotel yang menyediakan shopping bag (tas belanja) yang boleh dibawa pulang oleh tamunya. Hotel Mulia adalah salah satu hotel yang menyediakan shopping bag.

Sayangnya ada tamu hotel yang tak mengetahui daftar barang yang boleh dibawa pulang, hingga kadang handuk dan bantal juga dibawa pulang. Hal ini diungkapkan oleh Wike, dan dibenarkan oleh Director of Communications Hotel Mulia, Romy Herlambang.

"Prosedurnya petugas housekeeping akan memeriksa apakah ada (barang dari) mini bar yang dikonsumsi atau barang yang terbawa. Kalau memang ada barang terbawa di luar yang boleh dibawa maka akan diberi pilihan mau dikembalikan atau di-charge (dikenakan biaya)," kata Wike.

Sedangkan Romy mengatakan sebenarnya ada cara lain jika tamu memang ingin membawa barang hotel yang tak boleh dibawa pulang.

"Di Hotel Mulia, kalau tamu ingin membawa pulang barang, bisa membeli di gerai toko yang disediakan hotel, Mulia Shop" kata Romy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com