Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aneka Pilihan Tempat Wisata Pasca Pilkada di Papua Barat

Kompas.com - 15/02/2017, 16:01 WIB
Alek Kurniawan

Penulis

KOMPAS.com - Papua Barat menawarkan beragam jenis wisata, dari alam sampai budaya. Jika Anda adalah warga Papua Barat, tak ada salahnya berwisata usai mencoblos di area tempat tinggal.

Berikut KompasTravel rangkum lima destinasi wisata pilihan yang bisa Anda nikmati di Provinsi Papua Barat.

1. Kabupaten Raja Ampat

Kabupaten Raja Ampat saat ini menjadi destinasi impian bagi wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Raja Ampat tersohor oleh keanekaragaman biota laut dan keindahan alamnya.

Kabupaten yang terdiri dari 1.864 pulau ini memiliki empat pulau besar yaitu Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool. Hampir 80 persen wilayah dari Kabupaten Raja Ampat ini adalah perairan dan 20 persennya adalah daratan.

Untuk menuju Raja Ampat, wisatawan yang berasal dari luar Papua bisa terlebih dahulu naik pesawat terbang menuju Bandara Domine Eduard Osok di Sorong. Setelah itu bisa menuju langsung ke Pelabuhan Sorong untuk selanjutnya menyeberang ke Waisai menggunakan kapal.

2. Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Meja

TWA Gunung Meja terletak di Manokwari. Kawasan Gunung Meja sudah menjadi Taman Wisata Alam. Selain menjadi destinasi wisata, seluruh keanekaragaman hayati yang berada di Gunung Meja ini dilindungi pihak terkait.

Nama dari Gunung Meja ini didapat dari warga setempat yang menganggap puncak gunung ini berbentuk datar seperti meja jika dilihat dari kejauhan. Bentuk datar pada Gunung Meja di Manokwari ini didapat dari batuan padat yang terdapat di puncak gunung. TWA ini memiliki keanekaragaman flora dan fauna, terutama endemik Papua.

3. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Mungkin Taman Nasional Teluk Cendrawasih ini kalah populer dibandingkan dengan Raja Ampat bagi sebagian wisatawan. Padahal, TN Teluk Cendrawasih menjadi habitat salah satu hewan laut terbesar di dunia yaitu hiu paus.

Keanekaragaman hayati di Taman Nasional Teluk Cendrawasih sangat beragam. Sekitar 500 jenis terumbu karang dan 950 jenis spesies ikan ditemukan di kawasan ini (sumber: wwf.or.id).

SURJATUN WIDJAJA Penyelam bersama hiu paus (whale shark) di Teluk Cendrawasih, Papua Barat, Senin (17/8/2015).

Selain itu, taman nasional ini juga merupakan taman nasional laut terluas di Indonesia dengan luas 1.453.500 hektar. 

4. Danau Anggi di Pegunungan Arfak

Pegunungan Arfak di Manokwari menawarkan segudang pesona bagi siapapun yang berkunjung ke sana. Salah satu destinasi yang tidak boleh terlewatkan ketika Anda berada di Pegunungan Arfak adalah Danau Anggi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com