Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada di Bangka Belitung, Jangan Lewatkan 5 Destinasi Ini

Kompas.com - 15/02/2017, 16:33 WIB
Alek Kurniawan

Penulis

KOMPAS.com - Pilkada Serentak 2017 pada Rabu (15/2/2017) telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai hari libur nasional. Jika Anda mencoblos di Kepulauan Bangka Belitung, jangan lupa kunjungi lima destinasi ini.

BACA JUGA: Dinosaurus, Jejak Zaman Purba, dan Kedai Kopi Belitung yang Melegenda

1. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang terletak di utara Pulau Belitung. Lokasi tepatnya berada di Sinar Baru, Sungai Liat, Kabupaten Bangka.

Pantai yang juga digunakan sebagai lokasi syuting film Laskar Pelangi ini identik dengan bebatuan granit berukuran besar. Dari Pantai Tanjung Kelayang, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan ke Pulau Lengkuas dan Pulau Burung.

2. Pulau Lengkuas

Saat ini, Pulau Lengkuas merupakan salah satu primadona pariwisata di Bangka Belitung. Eksotisme pulau ini ditambah dengan kemegahan mercusuar yang menambah daya tarik tersendiri dari pulau ini.

Selain bisa menaiki puncak mercusuar setinggi 50 meter ini, Anda juga bisa bersantai ria sambil merasakan sepoi angin pantai.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Pulau Lengkuas yang memiliki mercusuar setinggi 62 meter dengan ratusan anak tangga. Diatasnya wisatawan dapat melihat berbagai pulau kecil dan birunya laut Belitung.

Bila ingin mengunjungi pulau ini, Anda bisa menyeberang dari Tanjung Kelayang dengan menggunakan perahu motor. Waktu tempuhnya pun tidak terlalu lama, hanya sekitar 30 menit saja.

3. Pesanggerahan Menumbing

Bangka Belitung tak melulu tentang pantai. Kepulauan ini juga punya banyak peninggalan sejarah. Salah satunya Pesanggerahan Menumbing yang terletak di daerah Muntok, Kabupaten Bangka Barat.

Dulunya Pesanggerahan Penumbing ini digunakan sebagai lokasi pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta pada masa kolonial Belanda.

Bangunannya berbentuk seperti benteng dan terletak di puncak Bukit Menumbing. Selain bisa belajar sejarah, Anda juga bisa merasakan keindahan Pelabuhan Muntok dari puncak bukit.

4. Perkampungan China Tradisional Simpang Gendong

Jika ingin melihat peradaban warga Tionghoa di Bangka Belitung, maka Anda wajib berkunjung ke Desa Gendong. Desa ini berlokasi di Kelurahan Kuto Panji, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Bangka Belitung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com