Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Waktu Terbaik Membeli Tiket Murah di "Travel Fair"?

Kompas.com - 25/02/2017, 09:02 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Rata-rata para pelaku pariwisata, termasuk maskapai penerbangan, menyelenggarakan travel fair dua kali dalam satu tahun. Semester pertama yakni pada periode awal tahun, dan semester akhir yakni periode akhir tahun.

Periode waktu tersebut dimanfaatkan oleh banyak orang untuk berburu tiket pesawat yang murah. Namun mana yang lebih murah, travel fair pada awal atau akhir tahun?

"Kalau harga tak bisa dipastikan, karena ada banyak faktor yang memengaruhi harga. Misalnya kondisi pasar, kondisi pesawat, kapasitas pesawat, rute, dan destinasinya. Namun di travel fair kita akan selalu memberi harga terbaik," kata Assistant Manager Marketing and Loyalty Cathay Pacific, Sierin Hamalia saat ditemui di Cathay Pacific Travel Fair di Mal Central Park, Kamis (23/2/2017).

BACA: Catat Beberapa Gelaran Travel Fair pada 2017

Serupa dengan Sierin, Singapore Airlines Public Relations Department yakni Glory Henriette pada acara jumpa pers Singapore Airlines-BCA Travel Fair di Mal Gandaria City, Jakarta (23/2/2017) juga mengatakan hal serupa.

Namun, ia mengatakan perbedaan antara pameran wisata di awal dan akhir tahun justru berada pada periode terbang.

"Travel fair awal tahun biasanya untuk (wisatawan) yang mau liburan sekolah. Akhir tahun, untuk yang liburan Natal dan Tahun Baru dan bagi mereka yang tak sempat membeli di awal tahun," kata Glory.

BACA: Catat, Tips Berburu Aneka Promo di Travel Fair

Baik Sierin dan Glory mengatakan bahwa pengunjung pameran wisata yang datang di awal dan akhir tahun terbilang sama ramai. Oleh karena itu ada lima hal yang dapat dilakukan untuk berburu tiket murah di travel fair.

Antara lain yakni mencari tahu waktu diselenggarakan travel fair, datang lebih pagi pada hari pertama, booking tiket langsung di travel agent, tentukan destinasi sebelum tiba di pameran, cari tahu lokasi booth travel agent, perhatikan promo spesial, liburan dengan grup, dan cari kenalan travel agent. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com