Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Tips jika Anda Kepedasan Saat Makan

Kompas.com - 02/03/2017, 19:02 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi para pencinta pedas, tentunya tak afdol jika menyantap makanan tanpa ditemani sambal. Namun, sambal terkadang bisa jadi terlalu pedas.

Alhasil Anda akan mulai berkeringat. Hidung mulai "meler", kulit kepala gatal, hingga wajah berubah merah padam. Biasanya hal-hal itu terjadi kepada orang yang tak tahan rasa pedas.

"Jika kepedasan, sebenarnya tak akan mempan (hilang pedasnya) jika minum terus. Ganti air dengan susu atau yoghurt," kata Bapak Teknologi Pangan Indonesia, FG Winarno, saat ditemui KompasTravel, Rabu (1/3/2017).

BACA: Asal-usul Cabai, Si Pedas Kesukaan Orang Indonesia

Winarno menjelaskan bahwa capsaicin atau zat pedas pada cabai sulit larut dengan air. Sebaliknya, minyak dapat melarutkan zat tersebut. Capsaicin tak hanya memberi rangsangan pada mulut, tetapi juga pada mata, kulit, dan usus.

"Makanya kalau menangani cabai harus pakai sarung tangan juga," kata Winarno

Uniknya salah satu mahluk hidup yang tahan terhadap kepedasan cabai adalah burung. Maka tak heran, burung adalah hama yang dapat merugikan petani cabai.

BACA: Ini 12 Cabai Paling Pedas di Dunia

Ukuran kepedasan cabai sendiri dinyatakan dalam satuan satuan Scoville Heat Unit (SHU). Di dunia perdagangan internasional, ukuran minimal kepedasan cabai adalah 480.000 SHU. Di bawah ukuran tersebut, cabai digolongkan dengan cita rasa manis, bukan pedas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com