Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpar Arief Yahya Sapa Raja Salman di Bali, Apa Balasannya?

Kompas.com - 04/03/2017, 19:10 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud beserta rombongan di Bandara Ngurah Rai, Bali. Dalam acara penyambutan, Arief Yahya sempat menemani Raja Salman dan saling menyapa.

"'Ahlan wa sahlan wa marhaban ... alhamdulillah ala salamah'. Itulah yang saya ucapkan kepada Raja Salman di tangga pesawat," kata Arief saat dihubungi KompasTravel, Sabtu (4/3/2017).

(Baca juga: Raja Salman Liburan di Bali, Tak Ada Obyek Wisata yang Ditutup)

Arief sempat bersalaman dengan Raja Salman. Ia menuturkan bahwa Raja Salman sempat membalas sapaannya. "Beliau bilang, 'Alhamdulillah... syukron... katsiran....'," tutur Arief.

Sapaan Arief kepada Raja Salman sendiri memiliki makna ucapan selamat datang. Sementara itu, Raja Salman membalas sapaan dengan ucapan terima kasih.

Arief menceritakan ia sempat memperkenalkan Raja Salman kepada para penjemput di area apron Bandara Ngurah Rai. Sejumlah tokoh turut menyambut Raja Salman dan rombongan, antara lain Dubes Arab Saudi untuk Indonesia, Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi; Gubernur Bali I Made Mangku Pastika; Ketua Majelis Utama Desa Pakraman (MUDP) Jero Gede Suwena Putus Upadesa; Ketua PHDI Bali I Gusti Ngurah Sudiana, dan Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose.

Rombongan Raja Salman disambut tarian pendet yang dibawakan 50 penari cilik. "Mulai keluar dari pesawat, di tangga atas, pandangan Raja Salman langsung tertuju pada para pelajar penari Tarian Pendet, sang Raja menebar senyum tiada henti, beliau terlihat bahagia," tambah Arief.

Menurutnya, Raja Salman terlihat menikmati tari pendet sebelum masuk ke mobil. Arief mengatakan Raja Salman sempat melambaikan tangan kepada para penari sebelum masuk ke mobil.

"Bahkan ketika mobil sudah berjalan, beliau membuka kaca jendela untuk melambaikan tangan kepada para penari Tarian Pendet," jelasnya.

Tari Pendet untuk penyambutan kedatangan Raja Arab Saudi di Bandara Ngurah Rai, Bali, itu dibawakan oleh 50 penari cilik dari Sanggar Tari Sawitri yang merupakan binaan Dinas Kebudayan Provinsi Bali. Dari Bandara Ngurah Rai, rombongan Raja Salman langsung bertolak ke Hotel St Regis, Nusa Dua, Bali, tempat Raja Salman menginap sampai Kamis mendatang.

********

KompasTravel menghimpun 48 destinasi di seluruh Indonesia yang cocok dengan preferensi traveling Anda, mulai dari indahnya wilayah barat Indonesia yakni Provinsi Aceh, hingga eksotisme kawasan timur Nusantara yakni Papua.
 
Inilah Visual Interaktif Kompas (VIK) VAKANSI Indonesia: http://vik.kompas.com/vakansi/

Dalam VIK VAKANSI IndonesiaKompasTravel juga menyediakan semua informasi yang Anda butuhkan. Mulai dari how to get there, where to stay, what to do, what to eat, dan what to buy. Opsi transportasi dan akomodasi hadir dalam dua jenis, yakni koper dan ransel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com