Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Daerah yang Dikunjungi Perwakilan Raja Salman Usai Liburan di Bali

Kompas.com - 06/03/2017, 11:22 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah perwakilan rombongan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud termasuk pangeran dikabarkan akan melanjutkan perjalanan ke beberapa daerah di Indonesia.

Ke mana saja mereka akan berlibur?

Ketua Umum Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita), Asnawi Bahar mengaku mendapatkan informasi tersebut dari Malaysian Association of Tour and Travel Agencies (MATA).

(BACA: Mengintip Harga Kamar Raja Salman Menginap di Jakarta)

Menurut Asnawi, perwakilan Arab Saudi yang sedang di Indonesia mengutarakan rencana berkunjung ke daerah lain di Indonesia.

"Beberapa akan beberapa daerah ke Lombok, Medan, Bangka Belitung, Sumatera Barat. Itu rombongan yang diminta raja untuk melihat situasi yang ada (di sana)," kata Asnawi saat dihubungi KompasTravel, Minggu (5/3/2017).

KOMPAS/ISMAIL ZAKARIA Kapal motor bermuatan wisatawan berlabuh di sekitar Pulau Sironjong di Kawasan Wisata Bahari Mandeh, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Sabtu (26/3/2016). Selain jalur darat, Mandeh juga bisa ditempuh dengan Kapal Wisata Bintang Mandeh. Kapal tersebut, menurut rencana, akan mulai melayani wisatawan pada minggu kedua April dengan harga tiket Rp 350.000 per orang untuk paket satu hari perjalanan.
Informasi sementara yang Asnawi dapatkan, perwakilan Arab Saudi telah memesan 50 paket wisata ke Padang. Hal itu diketahui lantaran memesan paket wisata dari anggota Asita Indonesia.

"Yang saya tahu ke daerah itu saja. Tentu mereka sekalian jalan-jalan. Tidak hanya lihat potensi investasi," jelasnya.

(BACA: Makan ala Raja Salman di Rumah Bekas Soekarno)

Menurut Asnawi, perwakilan Kerajaan Arab Saudi itu nantinya akan mengunjungi sejumlah obyek wisata unggulan di daerah-daerah yang dituju.

Asnawi mengatakan mereka akan melihat kondisi daerah, keunggulan obyek wisata, dan hal-hal lain terkait penunjang investasi.

"Salah satunya mereka akan melihat Mandeh untuk (kroscek potensi) investasi. Benar-benar indah gak sih? Susah gak sih ke sana?" katanya.

KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO Panorama Pantai Kuta, kawasan Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kamis (16/6/2016). Kawasan pesisir Mandalika berpotensi menjadi salah satu kawasan ekonomi khusus pariwisata yang dikembangkan untuk tujuan wisata unggulan Indonesia. Meski demikian, tantangan pembangunan sumber daya manusia dan pemberdayaan masyarakat lokal serta penataan kelestarian lingkungan dari dampak pembangunan perlu diperhatikan.
Asnawi memaparkan rencana kunjungan perwakilan Raja Salman ke daerah lain di Indonesia juga diikuti oleh Pangeran Arab Saudi.

Namun, hingga saat ini, Asnawi belum mendapatkan konfirmasi lebih lanjut. Rencana kunjungan itu akan dilakukan setelah Raja Salman bertolak dari Bali pada Kamis (9/3/2017). Raja Salman saat ini tengah berlibur di Nusa Dua, Bali.

******

KompasTravel menghimpun 48 destinasi di seluruh Indonesia yang cocok dengan preferensi traveling Anda. Mulai dari indahnya wilayah barat Indonesia yakni Provinsi Aceh, hingga eksotisme kawasan timur Nusantara yakni Raja Ampat dan Papua.

Inilah Visual Interaktif Kompas (VIK) Vakansi Indonesia: http://vik.kompas.com/vakansi/

VIK Vakansi Indonesia adalah panduan lengkap untuk destinasi traveling Anda selanjutnya. KompasTravel juga menyediakan semua informasi yang Anda butuhkan, mulai dari how to get there, where to stay, what to do, what to eat, dan what to buy. Opsi transportasi dan akomodasi hadir dalam dua jenis, yakni koper dan ransel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com