Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita di Balik Tata Rambut Pramugari Garuda Indonesia

Kompas.com - 10/03/2017, 19:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.COM - Sebagai pramugari, penampilan salah satu hal yang harus diperhatikan. Seperti tatanan rambut para pramugari maskapai penerbangan Garuda Indonesia yang biasanya tampil seragam. Seperti apa cerita di balik gaya rambut pramugari Garuda Indonesia?

Flight Services Manager Garuda Indonesia, Ellys mengatakan bentuk tata rambut pramugari Garuda Indonesia itu terbagi atas dua aturan yaitu untuk rambut pendek dan panjang. Ia menjelaskan untuk pramugari berambut panjang harus ditata secara khusus.

"Model tata rambutnya dibentuk namanya french twist. Jadi rambutnya di-twist ala roti Perancis. Keseragaman itu ada yang harus diikuti pramugari supaya seragam tampilannya," kata Ellys saat berbincang dengan KompasTravel di sela-sela acara Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) 2017 di Jakarta, Jumat (10/3/2017).

Ia mengatakan model rambut pramugari ala roti Perancis merupakan pilihan pihak manajemen. Garuda Indonesia sendiri, lanjutnya, telah mengalami perjalanan panjang dalam memilih gaya rambut yang cocok untuk pramugari.

"Dulu kita ada french twist juga di-'cepol'. Ini yang cocok untuk pramugari karena terlihat lebih elegan, dewasa," ujar Ellys.

Pramugari telah dibekali cara menata rambut ala roti Perancis sejak masa pelatihan. Ellys mengatakan pramugari dirias ulang sesuai dengan penampilan.

"Apa cocok rambut mereka di-french twist?. Itu kita sesuaikan. Kita mengajarkan cara berdandan yang menggunakan standar make up sesuai dengan keseragaman," jelasnya.

***

KompasTravel menghimpun 48 destinasi di seluruh Indonesia yang cocok dengan preferensi traveling Anda, mulai dari indahnya wilayah barat Indonesia yakni Provinsi Aceh, hingga eksotisme kawasan timur Nusantara yakni Papua.
 
Inilah Visual Interaktif Kompas (VIK) VAKANSI Indonesia: http://vik.kompas.com/vakansi/

Dalam VIK VAKANSI IndonesiaKompasTravel juga menyediakan semua informasi yang Anda butuhkan. Mulai dari how to get there, where to stay, what to do, what to eat, dan what to buy. Opsi transportasi dan akomodasi hadir dalam dua jenis, yakni koper dan ransel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com