Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Sangka, Marunda Punya Banyak Destinasi Sejarah

Kompas.com - 20/03/2017, 11:08 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bicara soal Marunda, yang terlintas di benak Anda mungkin rumah susun (rusun) yang memicu banyak pro dan kontra. Padahal, kawasan yang terletak di Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara itu bisa jadi tujuan wisata karena memiliki banyak destinasi sejarah dan budaya.

Maruri selaku pemandu wisata di Kota Tua Jakarta membeberkan beberapa destinasi wisata di Marunda. Berikut pemaparannya kepada KompasTravel, Sabtu (18/3/2017):

1. Rumah Si Pitung

"Si Pitung adalah sebutan untuk si penolong. Buat orang Belanda itu Pitung adalah perampok, tetapi buat orang pribumi pitung adalah penolong," kata Maruri.

Pria itu menuturkan, Marunda tadinya adalalah daerah Rawa. Pitung memilih untuk tinggal di sana karena menjadi buron Belanda.

"Biar susah dicari jadi dia tinggal di daerah rawa. Sampai sekarang tak ada yang tahu makan Pitung di mana," kata Maruri.

2. Masjid Al Alam

Maruri mengatakan bahwa Masjid Al Alam disebut-sebut berusia 400 tahun. Masjid Al Alam telah menjadi cagar budaya sekaligus menjadi tempat ziarah bagi umat Islam.

3. Makam Jonker

Kapitan Jonker dari Maluku yang dimakamkan di daerah Marunda menjadi daya tarik tersendiri. Sebab tak banyak orang yang tahu kisah Jonker.

Jonker diketahui sebagai seorang kapitan yang menguasai daerah Marunda. Makam Jonker berada di Pelabuhan Alfa Pejongkeran, Marunda.

4. Makam Haji Hasan

Haji Hasan adalah salah satu penyebar agama Islam di daerah Marunda. Makamnya terletak di Pantai Marunda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com