Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Makanan Khas Alor Wajib Coba

Kompas.com - 26/03/2017, 22:09 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

ALOR, KOMPAS.com - Jangan lupa untuk mencicipi makanan khas lokal jika berkunjung ke Alor, Nusa Tenggara Timur. Sebab makanan daerah Alor termasuk sehat karena jarang dimasak dengan teknik goreng dan yang pasti rasanya lezat!

Makanan khas Alor dapat dengan mudah ditemui di restoran lokal maupun rumah penduduk. KompasTravel merangkum makanan khas Alor yang patut dicoba saat media trip di Alor bersama WWF Indonesia 21-24 Maret 2017, seperti berikut ini:

1. Jagung titi

Bisa dibilang inilah popcorn khas Nusa Tenggara Timur. Sebab jagung yang disangrai kemudian dipipihkan ini rasanya sangat mirip popcorn namun berbentuk layaknya emping. Jagung titi biasa cocok dijadikan camilan untuk menemani minum kopi atau teh.

2. Jagung bose

Berbeda dengan jagung titi yang kering, jagung bose berkuah karena bulir jagung direbus kemudian dimasak dengan santan dan kacang.

3. Kue rambut

Nama kue tersebut mewakili bentuk kue yang berserabut halus layaknya rambut, yang kemudian dibentuk menjadi bentuk segitiga. Kue rambut terbuat dari tepung singkong dan campuran gula lontar.

Kompas.com/Silvita Agmasari Hidangan khas Alor, NTT yakni ikan bakar, sup ikan asam, dan sayuran.

4. Ikan kuah asam 

Untuk yang satu ini sangat patut dicoba saat berkunjung ke Alor. Rasa sup sangat segar, dengan penggunaan asam muda. Biasanya dimasak dengan kepala ikan agar semakin gurih. Asam muda dan tambahan kemangi membuat hidangan ini sama sekali tak amis.

5. Sayur bunga pepaya dan ubi jantung pisang

Dua sayur ini adalah jenis hidangan sayur yang paling banyak ditemui saat makan di Aor. Biasanya disandingkan dengan ikan bakar yang segar. Orang Alor gemar makan sayuran dan handal membuat sambal yang pedas. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com