Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Pesan Rahasia yang Ingin Disampaikan Pilot kepada Penumpang

Kompas.com - 28/03/2017, 06:36 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak seperti pramugari atau pramugara, pilot adalah profesi yang tak bisa dilihat oleh penumpang pesawat saat bekerja. Padahal, pilot juga memiliki kisah menarik seputar profesi mereka.

Dilansir dari situs Huffingtonpost, ada beberapa hal yang sebetulnya ingin disampaikan para pilot kepada para penumpang. Berikut ini pesan rahasia para pilot tersebut.

1. Pilot juga tak suka penerbangan tertunda

"Situasi paling tak enak adalah saat penerbangan tertunda dan akhirnya dibatalkan. Penumpang akan melewatkan pernikahan sahabat, liburan di kapal pesiar, atau pertandingan yang ditunggu. Aku harap penumpang tahu, bukan hanya mereka yang melewatkan acara spesial, kami kru penerbangan juga," kata Karlene Petitt dari Flight to Success.

2. Jangan memesan tiket terlalu mepet

"Banyak penumpang yang memesan penerbangan mepet dengan waktu kerja atau tempat mereka berada. Ketika penerbangan tertunda atau dibatalkan, mereka jadi marah-marah ke maskapai," kata pilot yang ingin disebut anonim.

3. Ada istilah 'tepat waktu' yang resmi

"Tepat waktu untuk keberangkatan adalah 14 menit lebih dari waktu keberangkatan yang diumumkan. Untuk kedatangan, tepat waktu adalah 14 menit setelah atau sebelum," kata pilot yang ingin disebut anonim.

4. Turbulensi dapat terjadi kapan pun

"Pilot dapat menghindari turbulensi yang dilaporkan dan diprediksi, tetapi sulit agar penerbangan dapat berjalan lancar. Atmosfer selalu berubah dan menyebabkan turbulensi hampir sangat cepat. Jadi selalu gunakan sabuk pengaman saat duduk," kata Chris Manno dari JetHead dan American Airlines.

5. Ada cara terhindar dari turbulensi

"Kalau orang sangat fokus dengan turbulensi, maka mereka baiknya mengambil penerbangan paling pagi untuk penerbangan yang lancar," kata Laura Einsetler dari Captainlaura.com.

TRAVEL AND LEISURE Ilustrasi penumpang memangku bayi di pesawat.

6. Durasi penerbangan tidaklah tetap

"Lama penerbangan saat seseorang memesan tiket itu berdasarkan data historis. Sebenarnya durasi pada penerbangan sangat bervariasi," kata pilot yang ingin disebut anonim.

7. Autopilot tak secanggih yang orang kira

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com