Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Perlu ke China, Patung Pasukan Terakota Ada di Bangka

Kompas.com - 02/04/2017, 10:16 WIB
Heru Dahnur

Penulis

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Jika Anda selama ini penasaran dengan patung Pasukan Terakota, tak perlu jauh-jauh harus ke Negeri China untuk melihatnya.

Replika patung peninggalan Dinasti Qin ini bisa ditemukan di Pantai Tongaci Sungailiat, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.

Sedikitnya 50 patung Pasukan Terakota menghiasi kawasan Pantai Tongaci Sungailiat, sejak sebulan terakhir.

Patung berbahan semen ini, didesain sesuai bentuk aslinya. Lengkap dengan tombak dan atribut pasukan perang khas kekaisaran Dinasti Qin.

(BACA: Menginap di Bangunan China-Hindia Lasem, Mau?)

Namun, Anda jangan salah sangka. Patung dengan berbagai ukuran ini tidak didatangkan dari Negeri China. Patung-patung ini dibuat di dalam negeri,  tepatnya dari Jawa Timur.

Keberadaan Patung Terakota menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung Pantai Tongaci.

KOMPAS.COM/HERU DAHNUR Pengunjung, Vivi, saat berfoto dengan latar Patung Terakota di Pantai Tongaci Sungailiat, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.
Ada yang memanfaatkannya untuk berfoto ada juga yang sengaja datang karena penasaran ingin melihat langsung bentuk patung yang sarat nilai sejarah.

“Senang ya bisa lihat langsung. Saya sempat tahu, dulunya patung ini untuk mengawal kaisar yang sudah dimakamkan,” ujar Vivi, pengunjung yang datang berombongan, Sabtu (1/4/2017).

(BACA: Bukan di Brasil, Ini Patung Yesus di Ujung Timur Saumlaki)

Memang, selain mengundang kehadiran pengunjung, dengan adanya Patung Terakota generasi muda bisa belajar sejarah peradaban masa lalu.

Pemilik Pantai Tongaci, Sugiharto mengatakan, ide menghadirkan Patung Terakota muncul setelah dirinya berkunjung ke China.

“Minimal ada miniatur buat edukasi dan destinasi wisata daerah ini,” ujarnya.

(BACA: Bus Bersejarah di Bangka Disulap Jadi Transportasi Wisata)

Pengembangan kawasan wisata di pantai ini pun dilakukan secara terpadu. Selain patung, juga ada museum, pustaka, dan penangkaran penyu.

KOMPAS.COM/HERU DAHNUR Patung Terakota yang sarat nilai sejarah bisa anda temukan di Pantai Tongaci Sungailiat, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.
Tak lupa, agar suasana nyaman dirasakan pengunjung, terdapat banyak pepohonan rindang di lokasi wisata ini. Selain itu juga ada payung-payung aneka warna yang menambah apik suasana.

Para pengunjung pun bisa bersantai sembari menikmati pemandangan laut lepas.

Nah, jika Anda tertarik, silakan datang ke Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kawasan Pantai Tongaci terpaut lebih kurang 35 kilometer dari Bandara Depati Amir Pangkal Pinang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com