Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejarlah Ombak sampai Sumbawa Barat

Kompas.com - 03/04/2017, 19:08 WIB

OMBAK besar bergulung-gulung di Pantai Tropical, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Minggu (26/3/2017) sore. Di tengah gulungan ombak, terlihat dua sosok menaiki papan seluncur.

Mereka adalah wisatawan mancanegara yang jauh-jauh datang untuk mengejar ombak Pantai Tropical yang masyhur di kalangan peselancar.

Di sudut lain pantai itu terlihat sejumlah wisatawan dengan beragam aktivitas. Ada yang bermain air, mencari kerang, bahkan ikut memancing ikan seperti yang dilakukan warga setempat.

Namun, jika ditanya lebih jauh, tujuan utama mereka adalah berburu ombak.

”Saya datang ke sini untuk berselancar karena ombak di sini bagus,” kata Mikel (30), wisatawan asal Perancis yang datang ke Pantai Tropical bersama delapan temannya.

(BACA: Pelesir ke Sumbawa? Ini Panduan Nyeberang dari Pelabuhan Kayangan Lombok)

Sebelum menjejakkan kaki ke Pantai Tropical, Mikel dan teman-temannya berwisata ke Bali, lalu lanjut ke Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Mereka kemudian menyeberang ke Pulau Sumbawa karena di pulau itu terdapat sejumlah pantai yang cocok untuk berselancar, termasuk Pantai Tropical.

Menurut Mikel, Pantai Tropical cukup dikenal di kalangan peselancar dunia.

Selain karena ombak besarnya yang memesona, pantai berpasir putih itu juga disukai para wisatawan mancanegara karena kondisinya relatif sepi. ”Kondisi pantainya bagus dan lumayan sepi, tidak penuh orang,” kata Mikel.

Pantai Tropical berlokasi di Desa Sekongkang Bawah, Kecamatan Sekongkang, Sumbawa Barat. Dari Taliwang, ibu kota Sumbawa Barat, pantai itu berjarak sekitar 45 kilometer.

Perjalanan ke lokasi itu bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi dengan waktu perjalanan 1,5-2 jam.

Berkelok-kelok

Jalan menuju pantai tersebut berkelok-kelok dengan tanjakan dan turunan yang kadang tajam. Namun, jangan khawatir perjalanan bakal membosankan karena di sepanjang perjalanan terhampar pemandangan bukit hijau yang menyejukkan mata. Apalagi jalan sangat mulus.

Aktivitas wisata di Pantai Tropical tak bisa dilepaskan dari keberadaan penambangan emas dan tembaga yang dilakukan PT Newmont Nusa Tenggara di wilayah Sekongkang.

”Dulu, yang berwisata ke sini hanya warga negara asing yang bekerja di Newmont,” kata Mustafa (47), warga setempat yang membuka warung di pinggir Pantai Tropical.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com