Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kursus Membuat "Popsicle Cake", Kue Imut dengan Dekorasi Lucu

Kompas.com - 04/04/2017, 05:46 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ternyata membuat kue lezat dengan bentuk yang lucu tidaklah sulit. Setidaknya pesan itulah yang ingin disampaikan oleh Raymond Tan, pembuat kue dari Melbourne, Australia. Kue kreasi Tan, Popsicle Cake menjadi viral di media sosial karena bentuknya yang lucu. 

"Saya hobi membuat kue, belajar sendiri dua tahun yang lalu. Suatu hari karena sayang melihat kue sisa daripada dibuang akhirnya saya kreasikan menjadi kue popsicle ini," kata Tan saat ditemui di acara Cake Popsicle Workshop di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin (3/4/2017).

(BACA: Yang Lagi Hits di Jakarta, Kue Ulang Tahun dari Indomie Goreng!)

Tan mendemonstrasikan cara membuat popsicle cake kepada para peserta workshop. Bahan utama adalah menggunakan cake, tetapi ada beberapa jenis cake yang harus dihindari untuk membuat popsicle cake. 

"Jangan menggunakan kue sponge, karena teksturnya akan hancur saat di jadikan popsicle cake. Untuk kue yang teksturnya lebih kering seperti carrot cake dapat menambahkan frosting yang lebih banyak," ungkap Tan. 

(BACA: Viral di Medsos, Mari Cicipi Kue Pedagang Cetar di Mangga Dua)

Setelah kue dihancurkan dengan mixer, maka kue dapat diulen dengan tangan dan dicetak ke tempat es krim. Setelahnya, diamkan kue di lemari pendingin. 

"Selagi kue didinginkan, panaskan cokelat di microwave agar mencair. Untuk melapisi kue, cokelat tidak boleh terlalu panas, dan kue tidak boleh terlalu dingin," kata Tan.

Kompas.com/Silvita Agmasari Raymond Tan, pembuat popsicle cake memberi penjelasan kepada peserta workshop.
Suhu kue dan cokelat menjadi kunci keberhasilan dari membuat popsicle cake. Selain itu cokelat jenis compound lebih disarankan untuk melapisi kue. 

"Celupkan dulu bagian depannya, lalu bagian belakang kue. Untuk menghias bentuk binatang dapat menancapkan irisan almond sebagai telinga binatang," ungkap Tan. 

Ia dengan luwes menghias popsicle cake yang dilapisi cokelat putih dengan gula-gula berbagai bentuk, alhasil jadilah popsicle cake berbentuk unicorn. 

Cara lain adalah dengan menggunakan teknik mewarnai ala marmer, yakni dengan meneteskan pewarna makanan ke dalam cokelat kemudian mencelupkan kembali popsicle cake yang telah dilapisi sebelumnya. 

Tan yang belajar membuat kue secara otodidak selama dua tahun belakangan, kini rutin memberi pelatihan membuat kue sampai ke luar negeri. Saat ini ia memiliki lebih dari 100.000 follower di Instagram. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com