Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Indonesia Akan Buka Penerbangan Langsung Jakarta - Banyuwangi

Kompas.com - 13/04/2017, 21:06 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Maskapai nasional Garuda Indonesia rencananya akan membuka penerbangan langsung dari Jakarta ke Banyuwangi dan sebaliknya. Rencananya, penerbangan perdana akan dilakukan pada minggu ketiga bulan Juni 2017.

Hal itu diungkapkan Vice President PT Garuda Indonesia Region 2 (Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara), Flora Izza. Ia mengatakan, saat ini 20 persen dari penerbangan Garuda rute Banyuwangi-Surabaya adalah penumpang yang transit ke Jakarta.

"Kedatangan kami ke Banyuwangi ini dalam rangka mematangkan penerbangan direct flight Jakarta-Banyuwangi. Dan kami optimis pembukaan penerbangan langsung Jakarta -Banyuwangi dan sebaliknya akan meningkatkan jumlah penumpang, karena 20 persen penumpang dari Banyuwangi ke Surabaya adalah yang melanjutkan ke Jakarta," jelas Flora di Banyuwangi, Rabu (12/4/2017).

BACA: Memacu Adrenalin Menuju Surga-nya Penyu di Banyuwangi

Selain untuk wisatawan, penerbangan langsung tersebut juga menyasar pebisnis. Ini karena investasi terus tumbuh di Banyuwangi khususnya pada bidang argo, pertanian, dan pertambangan.

"Potensi pasar di Banyuwangi sangat potensial dan pariwisata Banyuwangi menjadi salah satu daya tariknya," jelas Flora.

BACA: Pendopo Blambangan Banyuwangi Selalu Terbuka untuk Wisatawan

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan bahwa dengan adanya penerbangan langsung Jakarta - Banyuwangi dan sebaliknya, pariwisata, dunia usaha, dan mobilitas orang akan semakin cepat untuk menggerakkan perekonomian lokal.

”Dengan direct flight Jakarta - Banyuwangi, para wisatawan, dunia usaha, maupun masyarakat luas bisa lebih hemat waktu karena pesawat langsung menuju ke Banyuwangi," tutur Bupati Anas.

Anas mengatakan ada sejumlah maskapai lain yang juga menyatakan minat menggarap rute Jakarta - Banyuwangi. ”Siapapun silakan masuk, yang penting bagi kami adalah ini bisa meningkatkan ekonomi Banyuwangi,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com