Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Long Weekend" di Bandung, Simak Dulu Tipsnya

Kompas.com - 15/04/2017, 16:04 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Long weekend biasa dimanfaatkan untuk liburan bersama keluarga atau teman. Jika Anda tinggal di Jakarta, maka Bandung di Jawa Barat adalah salah satu destinasi favorit untuk libur panjang.

Namun, bukan rahasia lagi bahwa Bandung saat akhir pekan "berplat B" alias didatangi banyak warga Jakarta. Oleh karena itu, KompasTravel menghimpun beberapa tips long weekend di Bandung.

Berangkat lebih pagi dan pulang lebih awal 

Long weekend kali ini berawal dari Jumat (14/4/2017) hingga Minggu (16/4/2017). Kebanyakan orang Jakarta yang ingin menghabiskan liburan di Bandung berangkat pada Kamis malam, dan pulang pada Minggu siang.

(BACA: Libur Long Weekend di Bandung Masih Ada Kamar Hotel, Ini Lokasinya)

Untuk menghindari macet, ada baiknya Anda berangkat lebih pagi dan pulang lebih awal. Anda bisa mengambil cuti pada hari Kamis, dan berangkat Kamis pagi. Opsi lain, berangkatlah pada Jumat dini hari sekitar pukul 02.00 WIB atau 03.00 WIB.

Waktu tepat untuk kembali ke Jakarta adalah pada Minggu dini hari, sekitar pukul 02.00 WIB atau 03.00 WIB. Jika Anda terlanjur terkena macet, aplikasikan "formula" ini saat liburan long weekend selanjutnya.

Rancang itinerary

Meski Anda sudah sering berkunjung ke Bandung, wajib hukumnya merancang itinerary agar tidak terjebak keramaian. Ada baiknya Anda tentukan destinasi di satu kawasan yang sama agar lebih efektif dan tidak buang-buang waktu di jalan.

KOMPAS. com/DENDI RAMDHANI Sejumlah pengunjung saat menaiki perahu wisata Pos Indonesia di Floating Market, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Minggu (26/3/2017).
Pilih tempat menginap di sekitar tempat wisata

Bandung punya segudang destinasi wisata, dari pusat kota sampai kabupaten seperti Lembang dan Pangalengan. Usai menentukan itinerary, cobalah langsung booking hotel yang dekat dengan tempat wisata.

Misal Anda ingin liburan di Lembang, pilihlah penginapan di kawasan tersebut. Begitu pula jika Anda ingin liburan di kawasan Kota Bandung, Dago, atau Pangalengan.

Hal ini untuk mencegah Anda terjebak kemacetan dan keramaian di tempat-tempat wisata. Bandung terkenal oleh kemacetan apalagi saat long weekend.

Kurangi ekspektasi

Mungkin inilah hal yang paling penting saat menghabiskan long weekend di Bandung. Meski Anda sudah merencanakan itinerary sebaik mungkin, jangan berekspektasi terlalu tinggi. 

Tempat wisata yang Anda datangi bisa saja terlalu ramai, atau jalanan yang Anda pikir lowong ternyata macet. Kurangi ekspektasi dan nikmatilah perjalanan. Bagaimana pun Bandung tetap menyenangkan untuk didatangi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com