Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk Datang ke Banyuwangi "Long Weekend" Ini, Ada Agenda Apa?

Kompas.com - 20/04/2017, 07:10 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, menggelar dua kegiatan sekaligus pada long weekend pada akhir April 2017.

Dua acara tersebut adalah Festival Kebaya pada 21-22 April 2017 dan Banyuwangi International BMX pada 22-23 April 2017.

Untuk Festival Kebaya akan digelar selama dua hari di dua tempat yang berbeda yaitu di Bandara Hijau Blimbingsari dan Lapangan Tenis Indoor Gelanggang Olahraga Tawang Alun.

Selama dua hari, para penggemar fashion akan disuguhkan ratusan desain kebaya dalam sebuah panggung peragaan busana.

"Bandara sengaja dipilih sebagai venue, selain untuk mengenalkan green airport kami yang segera diresmikan dalam waktu dekat, juga karena lokasinya yang memang menarik sebagai catwalk peragaan busana,” kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

(BACA: Pecel Pitik Banyuwangi, dari Selamatan Naik Kelas ke Restoran)

Ia menjelaskan Banyuwangi memiliki bandara baru yang menonjolkan konsep green building. Salah satunya bandara menonjolkan desain pasif untuk menghemat energi, desain interior dikonsep minim sekat untuk memperlancar sirkulasi udara dan sinar matahari untuk meminimalisir pemakaian pendingin ruangan.

“Di sekitarnya dikelilingi kolam air untuk mengoreksi tekanan udara, sehingga suhu ruang tetap sejuk. Atap terminal hijau ini makin ikonik karena mengadopsi bentuk penutup kepala Suku Using,” jelas Anas.

(BACA: Pendopo Blambangan Banyuwangi Selalu Terbuka untuk Wisatawan)

Festival Kebaya ini akan melibatkan ratusan desainer kebaya, baik perancang busana lokal dan dari Indonesia Fashion Chamber (IFC). Di festival ini juga terdapat sejumlah acara seperti instalasi seni, art performing, kompetisi, dan eksebisi.

Selain Festival Kebaya, digelar juga sport tourism yaitu Banyuwangi International BMX yang digelar di Sirkuit Muncar Banyuwangi. Kompetisi ini telah terdaftar dalam kalender Persatuan Balap Sepeda Internasional (Union Cycliste International/UCI).

Ada sekitar 350 peserta dari dalam dan mancanegara akan berpartisipasi pada kegiatan ini. Negara yang dijadwalkan ikut adalah Jepang, Malaysia, Australia, Hongkong dan Amerika.

“Para pengunjung akan bisa menyaksikan aksi jumping atlet-atlet BMX nasional maupun dari luar negeri. Mereka akan beradu kepiawaian mengendarai sepeda BMX-nya. Pokoknya akan menjadi tontonan yang seru dan menarik. Jadi datang saja ke Banyuwangi long weekend ini,” kata Anas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com