Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mendaki Gunung untuk Pemula

Kompas.com - 24/04/2017, 20:10 WIB
Alek Kurniawan

Penulis

KOMPAS.com - Mendaki gunung merupakan sebuah kegiatan luar ruangan yang menyenangkan, cukup menantang dan memacu adrenalin. Walaupun cukup menantang, tampaknya kegiatan mendaki gunung cukup populer bagi kalangan masyarakat Indonesia.

Namun mendaki gunung sebaiknya tidak dianggap enteng. Perlu persiapan khusus yang harus dilakukan para pendaki, terutama kondisi fisik dan mental yang bugar. Menganggap remeh persiapan bisa berakibat fatal.

Jika Anda ingin mendaki gunung, cobalah simak tips aman mendaki gunung berikut ini.

1. Mengecek lokasi pendakian

Sebelum memulai pendakian Anda disarankan mengecek dahulu lokasi pendakian dan mengetahui jalur pendakian yang akan dilewati. Apakah keadaan gunung saat itu dalam kondisi baik untuk didaki atau kondisi gunung siaga satu dan tidak layak untuk didaki.

(BACA: Kiat Mengenakan Tabir Surya untuk Pendaki Gunung)

Bertanya kepada teman yang sudah hafal jalur pendakian juga penting dilakukan agar kita lebih siap melewati medan.

2. Olahraga minimal sebulan sebelum pendakian

Mendaki gunung membutuhkan fisik dan mental yang bugar. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan olahraga sebulan sebelum pendakian. Olahraga yang biasa dilakukan biasanya jogging atau lari.

3. Bawa barang yang penting saja

Mendaki gunung bukanlah piknik yang segala sesuatunya harus dibawa. Pilihlah barang bawaan dengan bijak. Selain hanya menambah beban tas, membawa barang secara berlebihan juga bisa menghambat pendakian, misalnya membawa tikar dengan gulungan besar.

4. Sleeping bag dan tenda

Untuk perlengkapan tidur, diperlukan tenda dan sleeping bag. Untuk tenda, silakan bawa tenda sesuai dengan jumlah peserta yang ikut. Membawa tenda terlalu besar juga terkadang bisa menghambat pendakian karena beratnya.

Untuk sleeping bag, silakan membawa sleeping bag yang sudah teruji kualitasnya. Selain itu, membawa matras juga sangat penting untuk keperluan tidur. Karena biasanya tanah yang digunakan sebagai alas tetap terasa dingin meskipun sudah menggunakan sleeping bag.

5. Membawa jaket sesuai ketinggian

Jaket atau pakaian hangat yang berbahan katun atau wol adalah pilihan baik untuk mendaki gunung. Dan ingat jangan membawa jaket atau pakaian yang berbahan jeans karena bahan ini memang nampak kuat dan praktis, tetapi sulit sekali kering apabila basah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com