Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis Indonesia Dominasi Kunjungan Wisatawan Asing ke Singapura

Kompas.com - 05/05/2017, 20:15 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wisatawan Indonesia masih mendominasi kunjungan wisatawan asing ke Singapura.

Secara keseluruhan, wisatawan Indonesia berada di peringkat pertama jumlah kunjungan wisatawan asing ke Singapura pada tahu 2016, melampaui wisatawan asal China dan Malaysia.

"Tahun 2016, kunjungan wisatawan dari Indonesia mencapai 2,3 juta," kata Edward Koh, Executive Director Singapore Tourism Board, pada acara "STB-CLIA Live: Cruising Ahead with Singapore", di Jakarta, Kamis (4/5/2017).

(BACA: Negara dengan Paspor Terkuat di Dunia, Singapura Saingi Jerman)

Ia menambahkan pada tahun 2016, pihaknya melihat pertumbuhan minat pada wisata kapal pesiar (cruise), termasuk dari wisatawan Indonesia.

Singapore Tourism Board telah mengadakan roadshow ke berbagai kota di Indonesia seperti Bandung, Surabaya, Pekanbaru, dan Palembang untuk mempromosikan wisata cruise.

"Wisata cruise dari Singapura sangatlah mudah. Bandara Changi (bandara di Singapura) terhubung ke 70 negara. Kami berharap orang yang memilih wisata cruise juga bisa bermalam di Singapura, minimal satu malam," kata Edward.

KOMPAS.com/SINTIA ASTARINA S.E.A Aquarium di Resort World Sentosa, Singapura, Rabu (12/4/2017).
Dengan bermalam di Singapura, kata Edward, diharapkan wisatawan dapat mengeksplor Singapura atau mengikuti agenda wisata yang tengah berlangsung.

Data dari Singapore Tourism Board menyebutkan bahwa industri pelayaran Singapura pada tahun 2016 melihat peningkatan penumpang sebesar 16 persen dibanding tahun sebelumnya atau sekitar 1,2 juta.

Beberapa brand kapal pesiar termasuk Princess Cruises, Royal Caribbean International, dan Star Cruises memiliki basis pelayaran dari Singapura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com