Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Promosikan Waduk Sermo, 450 Lampion Dinyalakan di Tengah Waduk

Kompas.com - 06/05/2017, 11:18 WIB
Kontributor Yogyakarta, Teuku Muhammad Guci Syaifudin

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Sebanyak 450 lampion akan menerangi Waduk Sermo selama 2,5 jam pada Sabtu (13/5/2017) malam.

Atraksi lampion itu merupakan rangkaian kegiatan festival kebudayaan bertajuk Menoreh Night Festival 2017.

Kegiatan tersebut merupakan inisiasi Dinas Pariwisata Kulon Progo dan Dinas Pariwisata DI Yogyakarta. Tak hanya atraksi lampion mengapung, pertunjukan kesenian tradisional dan musik juga dipertontonkan selama festival berlangsung.

“Lampion yang menyala itu nanti diapungkan ke sejumlah titik di Waduk Sermo,” kata penanggung jawab Menoreh Night Festival 2017, Rachmat Bayu, ketika dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (5/5/2017).

Rachmat mengatakan, kegiatan tersebut merupakan upaya mempromosikan Waduk Sermo kepada wisatawan, baik lokal maupun asing.

(BACA: Ada Vampir Keliling Pawai Lampion di Kota Singkawang)

Diakuinya, jika panorama yang ditawarkan di sekitar waduk yang diresmikan 1996 itu belum banyak diketahui wisatawan. “Jadi kegiatan ini juga untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Waduk Sermo,” katanya.

Rachmat menjelaskan, 450 lampion yang memiliki berbagai bentuk dan ukuran itu didatangkan dari Malang.

Dipilihnya lampion lantaran memiliki keunikan dan memberikan daya tarik tersendiri ketika mengapung di atas air.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Wisatawan menunggu giliran berfoto dengan latar belakang pemandangan Waduk Sermo di obyek wisata Kalibiru, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo, DI Yogyakarta, Jumat (2/12/2016). Obyek wisata itu dikembangkan dan dikelola warga setempat sehingga mampu menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat di kawasan itu.
“Lampion ini kami tempatkan di spot tertentu. Lampion itu menggunakan lilin yang aman, kedap, dan tidak mencemari air ketika meleleh karena langsung menjadi gas,” kata Rachmat.

Menurut Rachmat, Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta, dan Penjabat Buati Kulon Progo, Budiantono yang membuka kegiatan tersebut.

Panitia juga mengundang sejumlah tamu undangan yang bisa membantu mempromosikan Waduk Sermo sebagai destinasi wisata di Kabupaten Kulon Progo.

“Target Dinas Pariwisata DIY itu menjadikan Waduk Sermo menjadi pusat destinasi wisata di Kulon Progo pada 2019,” tambah Rahmat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com