Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Perayaan Waisak di Borobudur, Intip Juga Wisata Unik Ini...

Kompas.com - 11/05/2017, 11:09 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Pesona Candi Borobudur di Magelang memang luar biasa, tak heran bangunan megah ini diakui sebagai salah satu warisan kebudayan dunia oleh UNESCO.

Namun, di sekitarnya pun tumbuh berbagai destinasi wisata yang bisa Anda jadikan alternatif setelah berkunjung ke Candi Borobudur.

Berikut rangkuman KompasTravel, beragam wisata unik yang bisa Anda jadikan destinasi liburan setelah mengunjungi Candi Borobudur.

1. Menyatu dengan alam di Desa Wisata Wanurejo

Di desa wisata ini Anda bisa menikmati ragam kebudayaan masyarakat yang masih memegang teguh adat kebudayaannya. Mulai dari kebudayaan nyadran hingga kirab budaya Merti Desa atau bersih desa/sedekah bumi dari upacara adat Saparan.

(BACA: Desa Wisata Wanurejo, Pilihan Berwisata di Sekitar Candi Borobudur)

Selain tradisi, kesenian dan kerajinannya juga hidup. Kerajinan mulai dari kerajinan kayu, bambu, batik, fiber, dan sebagainya juga bisa ditemui di beberapa titik di Wanurejo.

Uniknya di desa ini, terdapat sembilan dukuh yang memiliki atraksi wisata tersendiri, dijamin Anda tak akan bosan mengunjungi desa ini.

Dusun Barepan misalnya, di sana wisatawan bisa menikmati wisata pertanian dan perikanan, wisata kerajinan kayu, sedangkan di Dusun Soropadan, wisatawan bisa menikmati alunan musik bambu Arumba.

KOMPAS.COM/IKA FITRIANA Fun Off Road di Taman Nasional Gunung Merapi, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, awal Januari 2017.
2. Fun Off Road Merapi

Selain rafting, Magelang juga punya wisata pemacu adrenalin lainnya, salah satunya ialah Off Road Merapi. Destinasi wisata ini berada di area Taman Nasional Gunung Merapi yang memiliki trek menantang serta pemandangan yang mempesona.

Untuk mencobanya, Anda cukup menyewa jeep dan memilih paket yang disediakan oleh penyedia jasa wisata 'Fun Offroad', salah satunya milik Merapi Park Adventure di Muntilan, Kabupaten Magelang.

(BACA: Long Weekend, Volcano Tour Gunung Merapi Diserbu Wisatawan)

Selama 3-4 jam, Anda akan dibawa berpetualang sepanjang 15 kilometer, yang dimulai dari Muntilan hingga area Taman Nasional Gunung Merapi, kawasan Srumbung.

3. Mencumbu pagi di Phuntuk Setumbu dan Bukit Rhema

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com