Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat "Travel Mart", Cirebon Tak Mau Hanya Sekadar Kota Transit

Kompas.com - 12/05/2017, 19:09 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

CIREBON, KOMPAS.com - Pasar wisata West Java Travel Mart (WJTM) kembali diselenggarakan pada Jumat (12/5/2017) hingga Minggu (14/5/2017) di Kota Cirebon, Jawa Barat. Pasar wisata business to business (b2b) ini menghadirkan lebih dari 50 seller dan 100 buyer lokal dan internasional ikut serta meramaikan kegiatan ini.

"Setelah pertama kali diselenggarakan tahun lalu bernama Caruban Travel Mart, tahun ini kita selenggarakan lagi lebih besar, lebih luas, mulai ganti nama sampai kuota 75 persen lokal dan 25 persen internasionaal," ujar Agung, Ketua Penyelenggara WJTM pada KompasTravel, saat penyelenggaran WJTM, di Linggarjati Ballroom Hotel Santika, Cirebon, Jumat (12/5/2017).

Pada tahun kedua ini pihaknya berharap destinasi dan amenitas kawasan Ciayumajakuning (Cirebon-Inderamayu-Majalengka-Kuningan) lebih terangkat lagi. Table top yang dimulai pukul 15.00 WIB pun akan dilanjutkan dengan kunjungan ke berbagai destinasi wisata, salah satunya Paraland Majalengka.

Kompas.com/Irzal Adikurnia Hartono, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cirebon membuka rangkaian West Java Travel Mart, di Ballroom Linggarjati, Hotel Santika Cirebon, Jumat (12/5/2017).Kegiatan ini diikuti oleh 55 seller, dan 120 buyer lokal maupun internasional
Pada hari ketiga, acara akan ditutup dengan menyaksikan salah satu karnaval terbesar Cirebon, yaitu Caruban Carnival 2017.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cirebon Hartono, memaparkan bahwa untuk mengoptimalkan pariwisata, Cirebon harus menjalin kerja sama dengan teman-teman penggiat wisata di Ciayumajakuning. Seperti travel mart tersebut yang diselenggarakan ASPPI Cirebon dan Majalengka, juga dibantu ASPPI Jawa Barat.

"Jadi nanti setelah akses terbangun bandara, jalan tol, harapannya kita Ciayumajakuning semakin terintegrasi, kalau nginep di Cirebon, wisata alamnya di Kuningan, Majalengka, Indramayu, belanjanya di Cirebon lagi, jadi gak bosen. Jadi Cirebon jangan cuman jadi kota transit," ujar Hartono pada KompasTravel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com