Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aneka Obyek Wisata di Sekitar Maumere, Pulau Flores

Kompas.com - 17/05/2017, 15:06 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Maumere di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur berlokasi di pinggir pantai dan menghadap Laut Flores. Tentu secara letak geografis, Maumere punya potensi wisata yang bisa ditemui.

Pemilik Capa Resort Maumere, Melchias Markus Mekeng mengatakan bahwa Maumere punya obyek wisata berupa pantai dan pulau.

"Kalau di laut itu banyak. Misalnya di Pulau Pangbatang. Itu pulau di tengah laut. Pasirnya putih dan airnya jernih," kata Melchias saat berbincang dengan KompasTravel seusai acara penandatanganan Operation Management Agreement (OMA) di Jakarta, Selasa (16/5/2017).

BACA: 5 Tempat Wisata Pilihan di Maumere, Jantung Hati Flores

Untuk menuju Pulau Pangbatang, wisatawan harus menyeberang menggunakan perahu motor dari Pelabuhan Laurens Say di Kota Maumere. Perjalanan ditempuh dalam waktu satu jam.

"Ada juga Pulau Babi. Di sana itu spot menyelam. Retakan tsunami ada di sana. Di perairan sekitar Pulau Babi arusnya tak kencang," tambahnya.

Bagi penyuka pantai, Melchias menyarankan untuk pergi ke Pantai Koka yang berpasir putih. Pantai Koka berada di perbatasan antara Ende dan Maumere.

"Ada juga Museum Ledalero. Itu seminari tertua. Paus Yohanes Paulus Kedua pernah tidur di sana (museum). Gusdur dulu sering diskusi dengan pastor yang menguasai Islamologi di museum. Itu museum di daerah Ritapiret," ungkapnya.

BACA: Maumere, Jantung Hati Flores Itu Kembali Bangkit setelah Tsunami

Adapula bangunan Gereja Tua Sikka. Gereja Tua tersebut telah ada dari jaman Portugis masuk ke Maumere.

"Untuk tenun itu ada di sentra-sentra kerajinannya masing-masing di daerah (Maumere). Ada juga di daerah (kecamatan Nita)," jelas Melchias.

Capa Resort Maumere kini telah berada di bawah pengelolaan PT Sahid International Hotel Management Consultant terhitung ditandatanganinya kesepakatan antara kedua belah pihak. 

Perjanjian kerjasama pengelolaan dilakukan oleh Hariyadi Sukamdani dan Melchias Markus Mekeng. Penandatangan disaksikan oleh kedua manajemen baik PT Sahid International Hotel Management Consultant dan Capa Resort Maumere.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com