Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harus Tahu, Tiga Jenis Rumah Makan Masakan Minang

Kompas.com - 19/05/2017, 21:06 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

 
PADANG, KOMPAS.com - Tak ada restoran padang di Sumatera Barat, yang ada hanyalah tiga jenis rumah makan yang menjual lauk serupa. Tiga rumah makan tersebut adalah rumah makan ampera, kapau, dan restoran biasa. Meski sama-sama menjual hidangan khas Minang, kenyataanya tiga rumah makan ini memiliki ciri khas yang berbeda. 
 
"Kalau ampera di sini (Sumatera Barat) seperti warteg di Jawa. Harganya lebih murah," kata penduduk lokal dari Agam, Hendero kepada KompasTravel, Sabtu (29/4/2017). 
 
Hendero menyandingkan rumah makan ampera layaknya warteg sebab konsumen hanya perlu menunjuk makanan yang ditata di rak kaca. Tentunya dengan konfigurasi piring yang apik.
 
Harga makanan di rumah makan ampera dihargai tak sampai Rp 20.000. Rata-rata rumah makan ampera di Sumatera Barat menjual satu porsi nasi, dengan satu lauk dan sayur pendamping dengan harga Rp 9.000 - Rp 15.000. 
 
Selanjutnya adalah rumah makan kapau. Tak sembarang orang yang boleh membuka rumah makan dengan embel-embel kapau. Harus orang yang berasal dari daerah Nagari Kapau, Agam, Sumatera Barat atau setidaknya memiliki kekerabatan dengan penduduk asli Nagari Kapau. 
 
Rumah makan kapau terkenal dengan konfigurasi penataan pajangan piring lauk ke seperti tangga arah bawah. Penjual memerlukan sendok sayur panjang untuk mengambil lauk. Selain itu, ciri utama rumah makan kapau umumnya terdapat lauk gulai tambunsu (usus isi telur), gulai cangcang dan tunjang, serta sayur cubadak (nangka). 
 
KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Banyak pilihan menu tersedia di Restoran Padang.
 
Terakhir adalah restoran yang menjual hidangan khas minang. Cara penyajiannya unik, yakni dengan di 'dang' alias semua lauk disajikan pada piring kecil di atas meja makan konsumen.
 
Meski rumah makan ampera juga bisa menyajikan dengan cara 'dang' jika diminta, tetapi restoran berbeda karena biasanya ruangan lebih nyaman, dilengkapi penyejuk ruangan dan pelayanan yang optimal. Tak heran, akhirnya harga hidangan minang di restoran jadi lebih mahal dibanding rumah makan ampera atau kapau.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com