Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan Arus Mudik, Gerbong Kelas Ekonomi KA Mutiara Timur Ditambah

Kompas.com - 29/05/2017, 23:06 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com - Selama musim angkutan Lebaran tahun 2017, PT Kereta Api Daerah Operasional (Daop) 9 Jember, Jawa Timur, menambah jumlah kereta kelas ekonomi dengan kapasitas 106 tempat duduk pada rangkaian kereta api Mutiara Timur.

"Penambahan tersebut berdasarkan hasil evaluasi di tahun-tahun yang lalu, di mana terjadi penambahan jumlah penumpang," ungkap Manajer Humas PT KAI Daop 9 Jember, Luqman Arif, Senin (29/5/2017).

Tahun 2016, selama musim angkutan Lebaran tercatat ada 128.134 orang yang menggunakan moda transportasi kereta api di Jember.

"Tahun ini kita prediksi ada peningkatan penumpang sebanyak kurang lebih 3 persen atau sebanyak 131.346 orang. Untuk itulah, kami kemudian memutuskan untuk menambah jumlah kereta khususnya kelas ekonomi selama musim angkutan Lebaran," ungkapnya.

Luqman menambahkan, pihaknya sudah menetapkan total 22 hari untuk periode Lebaran.

"Jadi penjabarannya, H-10 lebaran mulai tanggal 15- 24 Juni 2017, kemudian masa Lebaran selama 2 hari yakni tanggal 25-26 Juni 2017, dan H2+10 terhitung sejak tanggal 27 Juni-6 Juli 2017," paparnya.

Untuk itu, dia berharap, agar masyarakat bisa mengatur jadwal keberangkatan jauh-jauh hari sebelum memasuki Hari Raya.

"Apalagi tiket bisa dipesan secara online, jadi sudah sangat mudah untuk mengatur jadwal keberangkatan," pungkas Luqman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com