Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Rute Langsung ke Bandara Soetta dari Hotel dan Mal di Jabodetabek

Kompas.com - 30/05/2017, 21:04 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai hari ini, Selasa (30/5/2017), calon penumpang yang terbang dari Bandara Soekarno Hatta bisa langsung menggunakan layanan transportasi menuju bandara. Layanan tersebut dinamakan Jabodetabek Airport Connexion (JAConnexion).

Layanan JAConnexion adalah layanan bus dari hotel dan mall menuju Bandara Soekarno Hatta yang diresmikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Bandara Soekarno Hatta, Selasa (30/5).

Lalu dari mana saja penumpang bisa menggunakan layanan JAConnexion? Rute manakah yang dilayani oleh JAConnexion?
 
 
Calon penumpang bisa menikmati layanan JAConnexion dari hotel dan mall yang terletak di area Jabodetabek.
 
Bus JAConnexion melayani rute ke Bandara Soekarno-Hatta dari 15 hotel di seputar Jabodetabek. Hotel itu antara lain Hotel Borobudur, Alila, Luminor, Sari Pan Pacific, Aryaduta, Grand Cemara, ibis Tamarin, Milenium, Grand Sahid Jaya , Hotel Ascot, Hotel Amaris Thamrin City, Hotel Aston Sentul City, Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang dan Hotel Mall BTM Bogor.
 
Selain itu, bus JAConnexion juga melayani rute dari tujuh kawasan mall yaitu dari Mall Taman Anggrek, Mall Plaza Senayan, Mall ITC Cempaka Mas, Mall Kelapa Gading, Mall Thamrin City dan Tanah Abang, Mall BTM Bogor dan Mall Grand Indonesia.
 
Layanan yang diprakarsai oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dengan menggandeng tiga operator bus itu melayani rute dari Bandara Soekarno Hatta ke hotel dan mall serta sebaliknya.
 
Saat ini terdapat 91 bus JAConnexion yang melayani rute-rute tersebut. Menhub menyatakan JAConnexion sebagai bagian dari Bus Rapid Transit (BRT) merupakan suatu keharusan bagi Jakarta. 
 
"Traffic penumpang di Bandara Soekarno Hatta setiap harinya adalah 150 ribu orang ditambah sekitar 25 ribu pekerja di Bandara Soekarno Hatta, sehingga kehadiran bus ini menjadi suatu keharusan," papar Menhub.
 
Dengan JAConnexion, masyarakat yang menuju ke dan dari Bandara Soekarno Hatta mempunyai alternatif angkutan umum. Termasuk Kereta Api Bandara yang akan segera beroperasi.
 
"Light Rail Transit (LRT) itu lebih efisien tiga kali lipat dari bus dan bus lima kali lipat lebih efisien dari kendaraan pribadi. Sehingga layanan bus ini harus diselenggarakan secepatnya dengan tingkat pelayanan yang baik," ujar Menhub. 
 
Sementara itu, dalam laporannya, Kepala BPTJ Elly Sinaga menjelaskan saat ini JAConnexion dilayani 91 bus dari 4 operator yaitu Perum DAMRI, PPD, Big Bird dan Sinar Jaya Megah Langgeng. 
 
"JAConnexion mulai beroperasi hari ini dan tarifnya masih promosi yaitu yang dari mall Rp 25.000 dan dari hotel Rp 50.000," jelas Elly. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com