Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aneka Aktivitas Seru di Kaki Gunung Rinjani

Kompas.com - 01/06/2017, 04:05 WIB

KOMPAS.com - Desa Sembalun berlokasi di Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Desa ini berlokasi tepat di kaki Rinjani, salah satu gunung terindah di Indonesia.

Seperti dikutip dari Intisari Online, desa ini berjarak sekitar 110 kilometer dari Kota Mataram. Oleh karena lokasinya di area semburan vulkanik, Sembalun adalah daerah yang sangat subur. Wisatawan bisa melakukan banyak aktivitas sebelum atau setelah mendaki Gunung Rinjani.

Anda bisa ikut petani lokal memanen padi, bawang, kentang, atau tomat. Anda juga bisa ikut serta memberi pupuk pada tanaman, serta memetik stroberi di halaman rumah penduduk.

Di desa ini wisatawan juga bisa soft tracking, berjalan melintasi perbukitan Sembalun dan melihat keindahan alam dari ketinggian. Anda bisa juga mampir ke rumah adat di Desa Belek.

KOMPAS/KHAERUL ANWAR Desa Sembalun di kaki Gunung Rinjani, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Di desa ini Anda bisa melihat rumah tradisional Suku Sasak, atau biasa disebut Bale Belek. Menurut penuturan salah satu warga, Desa Belek merupakan cikal bakal Desa Sembalun.

Anda bisa lanjut trekking ke Bukit Anak Dara yang bersebelahan dengan Desa Belek. Butuh waktu sekitar 15 menit untuk sampai di punggung bukit. Dari sana, Anda bisa melihat kombinasi panorama dari pesawahan, pedesaan, dan Gunung Rinjani.

Agar lebih mudah dan nyaman, Anda bisa mengikuti paket tur wisata pertanian dan budaya yang disediakan di hampir setiap guest house dan homestay di Desa Sembalun. Harganya sekitar Rp 250.000 per orang. 

Artikel ini diambil dari buku Where to Go Lombok & Sumbawa - Intisari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com