Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Fakta Unik London Bridge, Ikon Ibu Kota Inggris

Kompas.com - 04/06/2017, 15:10 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Peristiwa teror di London Bridge dan Borough Market yang terjadi pada Sabtu (3/6/2017) di London, Inggris membuat prihatin warga dunia. Dua lokasi ini adalah destinasi yang sangat populer di kalangan wisatawan, termasuk asal Indonesia.

Tak banyak wisatawan yang tahu, London Bridge ternyata sarat akan sejarah dan fakta unik. Dihimpun KompasTravel, berikut beberapa fakta unik London Bridge alias Tower Bridge yang merupakan salah satu landmark Kota London.

1. Jembatan ini didesain oleh arsitek London bernama Horace Jones yang berkolaborasi dengan Wolfe Barry. Mereka berdua menang lewat kontes desain. Saat itu ada 50 karya yang terkumpul. Evaluasi karya desain sempat menjadi kontroversi, karena Horace Jones sejatinya adalah salah satu juri kontes desain, bukan peserta.

2. Pembangunan jembatan memerlukan waktu delapan tahun, dari tahun 1886 hingga 1894. Ada lima kontraktor dan 432 pekerja konstruksi yang membangunan jembatan tersebut.

3. Desain London Bridge terbilang unik karena menggabungkan dua desain jembatan, yakni bascule (jembatan jungkat jungkit) dan suspensi (jembatan dengan tiang suspensi).

4. Tinggi jembatan ini adalah 244 meter. Dua menara di London Bridge memiliki ketinggian 65 meter.

5. Ada 40.000 orang yang melewati London Bridge setiap hari. Dari jembatan ini tampak pemandangan menakjubkan Kota London seperti St Paul's Cathredral, Canary Wharf, Maritime Greenwich, dan London Eye.

6. Jembatan jungkat jungkit, dapat dilewati kapal dengan syarat pemberitahuan 24 jam sebelumnya. Dulu energi jungkat jungkit disalurkan melalui tenaga uap. Mulai tahun 1976, digunakan minyak dan listrik untuk membangkitkan energi jungkat jungkit.

7. Ada pameran yang diselenggarakan tiap tahun di tempat ini, bernama Tower Bridge Exhibition. Pameran ini menjelaskan sejarah dari London Bridge lewat pertunjukan dan video.

8. Nama asli jembatan ini adalah Tower Bridge, amun lebih terkenal dengan London Bridge. Bahkan sampai ada lagu yang menyebutnya dengan nama London Bridge.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com