Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berteman Kabut Mengejar Matahari Terbit di Puncak Kelimutu

Kompas.com - 05/06/2017, 15:12 WIB
Markus Makur

Penulis

KOMPAS.com - Keajaiban tiga warna Danau Kelimutu di Desa Moni, Waturaka, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende menjadi perbincangan hangat dari wisatawan mancanegara dan Nusantara saat berlibur ke Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Setiap wisatawan yang datang yang ke Pulau Flores selalu menjadikan Danau Kelimutu sebagai destinasi yang wajib dikunjungi saat menjejakkan kaki di bumi Flores.

Tak terkecuali 20 karyawan Jebsen dan Jessen dari delapan negara di Asia Tenggara saat tiba di Kota Ende, tepatnya di Hotel Grand Wisata, Minggu (21/5/2017) membahas kunjungan ke Danau Kelimutu.

Cerita-cerita mistis dan keajaiban warna danau itu membuat penasaran bagi relawan delapan negara Asia Tenggara tersebut.

(BACA: Mistisnya Ritual Sesaji untuk Para Arwah Kelimutu)

Mereka berada di Kabupaten Ende untuk membangun fasilitas air minum bersih serta memasang pipa air minum, memperbaiki sumur Kampung Anaranda, Desa Mautenda, Kecamatan Wewaria yang mengalami kesulitan air minum bersih.

Dari Senin-Rabu, 20 karyawan itu bekerja di kampung Anaranda bersama dengan warga di kampung itu, mengampanyekan cara mencuci tangan yang baik dan bersih kepada siswa dan siswi SDK Anaranda.

Perusahaan Jebsen dan Jessen merupakan sponsor dari Lembaga Wahana Visi Indonesia di Area Development Program di Kabupaten Ende.

(BACA: Kelimutu, Salah Satu Gunung Terindah di Dunia)

Kamis (25/5/2017), 20 karyawan Jebsen dan Jessen bersama dengan staf Area Development Program (ADP) Ende serta sejumlah relawan lokal dan jurnalis beranjak menuju ke Puncak Danau Kelimutu dari Kampung Moni pukul 04.30 Wita.

KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Rombongan menaiki tangga menuju ke puncak Tugu Danau Kelimutu, di Desa Moni, Waturaka, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, NTT, Kamis (25/5/2017). Saat tiba di puncak, kabut tebal menyelimuti tiga kawah Danau Kelimutu sehingga wisatawan tak sempat melihat keunikan dan keajaiban warna air di Danau Kelimutu.
Rombongan itu mengejar matahari terbit di Puncak Danau Kelimutu untuk melihat keunikan tiga kawah Danau Kelimutu. Ternyata banyak wisatawan asing dan Nusantara yang sudah terlebih dahulu berada di puncak Danau Kelimutu untuk menikmati matahari terbit di kawasan itu.

Dengan penuh semangat dalam keadaan alam masih gelap, rombongan terus bergerak dengan menaiki tangga demi tangga dari tempat parkir kendaraan sampai ke puncak. Sejumlah anak tangga dilalui dengan penuh gembira sambil berolahraga menuju ke puncak.

(BACA: Inikah Desa Wisata Alam Terbaik di Flores?)

Di sisi kanan menuju puncak terlihat sedikit dua kawah Danau Kelimutu, lalu perlahan-lahan kabut menyelimuti kawasan itu dan menutupi matahari terbit dari Timur. Lalu, rombongan itu tetap berjalan menuju puncak bersama dengan wisatawan lainnya.

Setiba di tugu Puncak Danau Kelimutu, sempat rombongan mengabadikan keajaiban Danau kelimutu yang sedikit terlihat sebelum kabut menutupi kawah tersebut. Bahkan sempat melihat danau yang berwarna hitam di sisi kiri dari Tugu Puncak tersebut.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com