Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Melalui Jalur Lampung-Sumsel, Singgah dan Nikmati Dua Pantai Ini

Kompas.com - 05/06/2017, 21:46 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Perjalanan mudik tak melulu soal kondisi jalan, infrastruktur, dan kepadatan lalu lintas.
 
Tempat wisata yang ada di sekitar jalur mudik menjadi penting bagi para pemudik tatkala menghadapi jenuhnya perjalanan. Salah satunya yang berada di Lampung, yang masuk jalur Jalan Lintas Timur Lampung-Sumatera Selatan.
 
Jalan Lintas Timur Lampung-Sumatera Selatan memiliki jarak tempuh sepanjang 384 kilometer. Tim Mudik Gesit pun menghabiskan waktu sekitar sembilan jam dari Bandar Lampung menuju Palembang.
 
Di tengah perjalanan yang cukup menguras energi tersebut, Tim Mudik Gesit pun mencari daerah wisata yang ada di Jalan Lintas Timur Lampung-Sumatera Selatan.
 
Dari pengamatan yang dilakukan, pantai menjadi satu destinasi andalan Lampung yang kerap didatangi wisatawan.
 
Pantai Batu Rame
 
Pantai pertama yang Tim Mudik Gesit kunjungi adalah Pantai Batu Rame yang berada di Desa Ketang, Kelurahan Way Urang, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan.
 
Lokasi Pantai Batu Rame ini sedikit sulit ditemui kendati berada di sekitar Jalan Lintas Timur Lampung-Sumsel.
 
Begitu menjumpai Kantor Polsek Kalianda, dari arah Lampung, pemudik bisa mengarahkan kendali mobilnya untuk belok ke kanan.
 
Setelah masuk jalan di dekat polsek tersebut, pemudik tinggal mengikuti jalan kurang lebih satu kilometer untuk kemudian menjumpai pertigaan.
 
KOMPAS.com/Ridwan Aji Pitoko Air laut di Pantai Batu Rame terbilang bersih saat dikunjungi Kompas.com pada 21 Mei 2017.
Dari sana, jalan yang diambil adalah jalan akses berupa batu kerikil yang hanya muat untuk satu kendaraan roda empat atau lebih.
 
Jalan dengan panjang hampir dua kilometer itu langsung menuntun Tim Mudik Gesit menuju Pantai Batu Rame.
 
Setibanya di lokasi, Tim Mudik Gesit langsung disuguhi pemandangan pantai dengan deburan ombak cukup besar. Saat itu, terlihat ada pengunjung yang datang menggunakan truk besar dan tengah bersiap untuk pulang.
 
KOMPAS.com/Ridwan Aji Pitoko Salah satu titik di Pantai Batu Rame di Kalianda, Lampung, saat dikunjungi Kompas.com pada 21 Mei 2017.
 
Kondisi Pantai Batu Rame bisa dikatakan kurang terawat karena banyak sampah yang berserakan di bibir pantai. Kendati demikian, karang-karang besar di Pantai Batu Rame bisa menjadi penghilang stres pemudik dalam menempuh jalur mudik Lampung-Sumsel.
 
Jangan lupa juga untuk berfoto sambil berdiri di karang-karangnya dengan latar belakang lautan lepas. Hal tersebut bisa menjadi kenang-kenangan bagi pemudik untuk kemudian diunggah ke media sosial.
 
Pantai Embe (Merak Belantung)
 
Pantai kedua yang Tim Mudik Gesit jelajahi adalah Pantai Embe di Desa Merak Belantung, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan.
 
Jika ditempuh dari Pelabuhan Bakauheni, waktu tempuh hanya 35 menit saja menggunakan kendaraan bermotor atau dalam hal ini mobil mini bus.
 
KOMPAS.com/Ridwan Aji Pitoko Pemandangan di Pantai Embe, Kalianda, Lampung, saat dikunjungi Kompas.com pada 21 Mei 2017.
Letaknya pun cukup jelas, begitu pemudik menjumpai reklame besar di pinggir Jalan Lintas Timur bertuliskan Grand Elty, langsung belokkan kendaraan ke arah kiri untuk masuk ke Desa Belantung.
 
Pantauan Tim Mudik Gesit, buka hanya Pantai Embe saja yang ada di lokasi tersebut, melainkan ada dua sampai tiga pantai.
 
Setelah melewati dua pantai, Tim Mudik Gesit menjumpai plang bertuliskan Pantai Embe. Tim pun langsung bertemu petugas pantai dan menanyakan berapa orang yang akan masuk.
 
Tarif per orangnya untuk masuk Pantai Embe dibanderol dengan harga Rp 25 ribu termasuk satu minuman bagi masing-masing orang.
 
Dibandingkan Pantai Batu Rame, kondisi Pantai Embe jauh lebih terawat. Pantai berpasir putih itu menjadi tujuan muda mudi Lampung dan sekitarnya yang hendak berlibur karena memang menyajikan fasilitas dan pemandangan memanjakan mata.
 
KOMPAS.com/Ridwan Aji Pitoko Saung-saung yang ada di Pantai Embe dapat digunakan pengunjung untuk menikmati pemandangan laut.
Hamparan pasir putih dan deburan ombak yang datang silih berganti seolah mampu merelaksasikan diri dari panjangnya perjalanan Lampung-Sumsel. Selain itu, Pantai Embe juga sangat sejuk karena dipenuhi pepohonan rindang di sekitarnya.
 
Pengunjung juga bisa menyewa permainan air seperti banana boat, ban, dan lainnya. Pantai Embe sangat cocok bagi pemudik yang membawa keluarga beserta anaknya.
 
Adapun fasilitas di Pantai Embe di antaranya adalah saung-saung di pinggir pantai, area bermain anak, Kedai Ember yang menjajakan makanan dan minuman, serta spot foto untuk pengunjung yang datang dengan pasangannya.
 
 
Kompas TV Bagi Anda pecinta alam dan hobi jalan-jalan, mungkin bisa berkunjung ke Bukit Suroyo.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com