Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dusun Jengkol, Pusat Kuliner Bekicot di Kediri

Kompas.com - 06/06/2017, 05:05 WIB

KOMPAS.com - Deretan warung makan dan pusat oleh-oleh berbahan baku daging siput, alias bekicot, tampak berjejer di sepanjang jalan raya. Inilah pusat kuliner bekicot yang berlokasi di Dusun Jengkol, Desa Plosokidul, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Salah satu warung makan yang menyuguhkan kuliner berbahan dasar bekicot adalah warung milik Bu Arlik. Daging bekicot yang familiar itu diolah menjadi sate, dan disajikan secara sederhana di aas piring.

Meski sederhana, sate bekicot punya banyak penggemar. Setidaknya setiap hari Bu Arlik menghabiskan 50 kilogram daging bekicot yang diolahnya menjadi sate, krengsengan, dan kripik bekicot.

Pada bulan Ramadan seperti ini, banyak pengunjung yang memesan sate bekicot untuk buka puasa. Pelanggannya dari luar Kota Kediri seperti Surabaya dan Sidoarjo. Banyak juga pelanggan setianya yang berasal dari Kota Kediri dan Pare.

Biasanya Bu Arlik mendapat pasokan daging bekicot dari Pasuruan dan Kabupaten Malang. Terkadang ia mendapat pasokan bekicot lokal tapi jumlahnya tidak banyak.

Saat dikunjungi Surya.co.id, warung makan Bu Arlik dipenuhi pengunjung yang didominasi para pelancong. Kebanyakan para pengunjung membeli sate dan krengsengan untuk dibawa pulang.

"Sate dan kresengan bekicot tahan satu hari penuh," ujar Bu Arlik. 

Jika Anda mudik atau lewat Kediri, jangan lupa mampir ke Dusun Jengkol. Cicipilah sate bekicot dan bawalah krengsengan atau kripik bekicot sebagai buah tangan. 

Artikel ini diambil dari surabaya.tribunnews.com dengan judul asli "Dusun Jengkol, Pusat Sate sampai Kripik Bekicot di Kediri".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com